6 Tips Mencegah Kebakaran Gedung Paling Ampuh

Sikap waspada dan teliti merupakan kunci utama keselamatan, termasuk mencegah rumah dan aset properti lainnya dari kebakaran. Sikap positif tersebut harus didukung dengan pengadaan perangkat proteksi lengkap sehingga bisa segera mengantisipasi kobaran api. Anda juga bisa menjalankan beberapa tips sederhana, namun bisa mencegah kebakaran secara efektif.

Penting untuk disepakati, dengan atau tanpa perangkat proteksi, kebakaran bisa datang sewaktu-waktu. Penyebabnya bisa beragam, baik secara disengaja atau tidak. Api kecil bisa segera berkobar besar dan melahap apapun, bahkan mengancam korban jiwa. Asap dari api juga sangat membahayakan, dan kondisi semacam ini bisa saja terjadi di mana saja.

Tapi ketika Anda sudah melakukan berbagai langkah antisipasi, serta melengkapi bangunan dengan instalasi detektor kebakaran, maka potensi kebakaran besar bisa segera diantisipasi sedini mungkin. Alarm kebakaran juga bisa berperan sebagai tanda peringatan, agar sumber api tidak dibiarkan membesar.

Tips Mencegah Kebakaran Gedung

Selanjutnya, silakan menerapkan tips-tips berikut ini agar kebakaran di rumah, gedung, maupun aset properti lainnya bisa dicegah, atau setidaknya bisa segera diantisipasi. Dengan begitu, kerugian materi akibat kebakaran bisa diminimalisasi, sementara jatuhnya korban jiwa bisa tercegah. Mari simak uraian berikut ini untuk penjelasan selengkapnya.

Prioritaskan Penggunaan Perangkat Bangunan Tahan Api 

Jika Anda baru membangun rumah, atau merenovasi bangunan apapun, prioritaskanlah menggunakan perangkat bangunan yang tidak mudah terbakar api. Sebagai contohnya, penggunaan pintu dan jendela UPVC Conch sangat direkomendasikan. Kenapa demikian? Karena tahan api sehingga bisa mencegah penyebaran api ketika terjadi kebakaran.

Saat ini, integrasi proyek konstruksi dengan sistem proteksi kebakaran terus digencarkan, bahkan diwajibkan untuk bangunan tipe tertentu. Penggunaan perangkat rumah dan gedung yang tahan api akan sangat efektif untuk mencegah kebakaran besar. Anda bisa bekerja sama dengan supplier terbaik untuk mendapatkan perangkat tahan api yang berkualitas dan harganya tetap terjangkau.

Gunakan Peralatan Listrik Secara Efisien

Sambungan dan peralatan listrik bisa menyulut api dan membuat kebakaran besar. Karena itulah, sebaiknya Anda mencabut atau mematikan semua sambungan listrik ketika tidak dipakai. Peralatan elektronik seperti TV, komputer, kompor, rice cooker, alat permainan dan yang lainnya masih menyimpan energi listrik dan api, meskipun sedang tidak digunakan. Jadi lebih baik mencabut semua sambungan listrik untuk langkah aman dan hemat listrik.

Gunakan Alat Listrik dan Kompor dengan Pengawasan

Jika Anda sedang memasak di dapur, menyalakan lilin, atau menyalakan perapian, pastikan untuk tidak ditinggal dalam waktu lama, atau tidak diawasi dengan baik. Sering kali, kebakaran besar disebabkan oleh keteledoran, di mana penggunanya tidak berkonsentrasi, meninggalkan kompor yang menyala, lalu kebakaran yang tidak diharapkan pun terjadi. 

Menjauhkan Bahan yang Mudah Terbakar dari Sumber Api

Barang-barang seperti kain, kertas atau plastik sebaiknya tidak disimpan di dekat sumber api seperti kompor, perapian atau lilin aroma. Penumpukan sampah yang mudah terbakar juga sebaiknya dihindari, karena selain membuat rumah dan bangunan kumuh, barang-barang tersebut juga bisa menyulut kobaran api.

Tidak Merokok di Dalam Rumah

Merokok sudah seharusnya tidak dilakukan di dalam ruangan. Selain mengganggu kesehatan dan tidak sopan, perilaku buruk ini juga berpotensi menyulut kebakaran. Pastikan Anda merokok di ruangan khusus, atau di ruang terbuka yang jauh dari benda-benda yang mudah terbakar. Puntung rokok bisa menjadi sumber api yang sering kali menyulut kobaran api besar.

Memasang Perangkat Proteksi Kebakaran

Pemasangan alarm kebakaran dan instalasi deteksi kebakaran sangat direkomendasikan, sebab ia menjadi tanda peringatan dini ketika ada sumber api atau asap yang berpotensi membahayakan. Ada berbagai jenis alarm kebakaran yang bisa Anda gunakan, menyesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan distributor atau supplier agar bisa memilih alarm kebakaran yang paling cocok dengan kebutuhan.

Anda juga harus sedia selimut api agar bisa mengantisipasi sumber api secara cepat dan aman. Fire blanket juga bisa digunakan untuk perisai dalam proses penyelamatan diri, ketika kobaran api telanjur membesar. Alat semprot api juga seharusnya tersedia di semua gedung, agar kobaran api bisa segera padam.

Pada intinya, kesungguhan semua orang dalam mencegah kebakaran harus dilakukan secara kompak. Gerakan ini harus dimulai dari kesadaran tentang pentingnya melakukan upaya antisipasi, serta memasang perangkat proteksi yang perlu di gedung, rumah, dan aset properti lainnya. Sejatinya, potensi kebakaran bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Karena itu, sangat tidak etis untuk menyepelekannya, lalu menyesal di kemudian hari.

Jika Anda tertarik untuk membeli custom furniture, pintu dan jendela yang bersifat tahan api, atau menggunakan detektor kebakaran, bersikaplah selektif. Maksudnya, pastikan Anda menjalin kerja sama dengan supplier atau distributor yang kredibel. Dengan begitu, Anda berpeluang besar mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang paling murah.

Sumber:

PT Totalfire Indonesia

The Prominence Alam Sutera, Blok 38E No.49

Tangerang Selatan, Banten, Indonesia

Email: info@totalfire.co.id