Panduan Lengkap Menggunakan Fire Blanket Berbahan Fiberglass

Fire blanket merupakan salah satu perangkat proteksi dari kebakaran yang wajib ada di setiap rumah. Perangkat yang satu ini bisa diandalkan untuk memadamkan sumber api kecil agar tidak membesar, atau melindungi diri ketika kobaran api sudah terlalu besar. Tapi apakah setiap orang sudah memahami bagaimana cara tepat menggunakan selimut api?

Sebelum belajar tentang cara tepat menggunakan selimut tahan api, Anda seharusnya sudah melewati tahap awal yang penting, yakni pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya mengoptimalkan segala perangkat perlindungan untuk mencegah dan mengantisipasi kebakaran. Selain selimut api, perangkat proteksi kebakaran lainnya adalah alarm kebakaran, fire hydrant, detektor asap, sprinkler, dan tabung pemadam api.

Semua orang seharusnya sepakat, kebakaran bisa datang kapan saja, dengan berbagai alasan yang tak terduga. Meskipun tidak ada seorang pun yang mengharapkannya, perangkat pelindung dari kebakaran harus selalu diupayakan, sehingga bisa meminimalisasi kerugian besar atau jatuhnya korban jiwa. Untuk pembelian jumlah besar, kita bisa langsung membelinya dari pabrik fire blanket di China.

Panduan Lengkap Menggunakan Fire Blanket

Berdasarkan bahan pembentuknya, selimut api terbagi menjadi beberapa jenis. Tapi yang paling umum tersedia di pasaran adalah selimut api berbahan fiberglass dan wol. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, namun fungsinya cukup efektif untuk mengantisipasi kebakaran yang disebabkan oleh benda padat dan cairan yang mudah terbakar.

Lantas bagaimana cara tepat untuk menggunakan selimut api? Mari simak uraian berikut ini untuk mendapatkan penjelasan selengkapnya ya.

  • Simpan selimut api di tempat yang paling terjangkau. Misalnya saja digantung di area dapur, atau di sekitar area yang berpotensi menyulut kebakaran. Ini akan memudahkan ketika Anda ingin menggunakannya dalam kondisi darurat.
  • Bentangkan selimut api, lalu pegang erat tali kainnya. Selanjutnya, bungkus tangan dengan ujung selimut api. Posisi semacam ini akan mencegah Anda terkena jilatan api ketika ingin memadamkan sumber api kecil.
  • Perhatikan ukuran kobaran api. Pastikan besarnya api tidak melebihi ukuran selimut api. Setelah memosisikan selimut api sebagai perisai, Anda bisa segera melangkah menuju sumber api. Pastikan Anda datang searah dengan angin, untuk mencegah api menyambar.
  • Selimuti api tanpa ragu sehingga tidak ada aliran oksigen yang masuk ke api. Dengan begitu, api akan padam setelah beberapa menit. Pastikan untuk tidak melempar selimut api begitu saja, karena ini justru akan membuat proses pemadaman tidak efektif.
  • Selimut api berfungsi efektif memadamkan api ketika Anda melihat asap putih mengepul. Tandanya, api sudah benar-benar padam dan Anda bisa segera membereskan sisa bara yang kemungkinan berantakan.
  • Ketika kobaran api sudah telanjur membesar dan ukuran lebih besar dari selimut api, jangan pernah mencoba untuk menggunakan fire blanket untuk menyelimuti api. Sebab cara ini akan sia-sia dan justru membahayakan jiwa. Selimut api tetap berfungsi di momen kebakaran besar, untuk perlindungan diri. Anda bisa menyelimuti diri dengan kain tahan api, lalu segeralah mengakses jalur evakuasi untuk menyelamatkan diri.

Lantas lebih baik mana, selimut api dari bahan wol atau fiberglass? Mari perhatikan uraian berikut ini untuk melihat kelebihan dan kekurangannya, sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan:

  • Selimut api berbahan wol memiliki kadar nitrogen dan air yang tinggi. Dengan begitu, ia tidak akan meleleh, atau menempel pada kulit ketika terbakar di suhu tertentu. Di sisi lain, Fiberglass merupakan bahan yang terbuat dari anyaman serat kaca, sehingga juga sangat kuat menahan panas dan api, bahkan bahan kimia sekalipun.
  • Titik bakar fire blanket dari wol pada umumnya di kisaran 550-600 derajat celsius. Sementara itu selimut api fiberglass bisa bertahan dari panas dan api hingga ribuan derajat celsius.
  • Selimut api fiberglass lebih mudah dijangkau di pasaran. Anda bahkan bisa melakukan pengadaan selimut api jenis ini dalam jumlah besar, dengan bekerja sama dengan produsen terpercaya.
  • Baik selimut api dari bahan fiberglass maupun wol sama-sama tersedia dalam berbagai ukuran, misalnya 1,2 meter persegi hingga 1,8 meter persegi. Anda juga bisa memesan ukuran fire blanket custom dengan supplier terbaik pilihan Anda.

Pada akhirnya, pengetahuan tentang penggunaan selimut api sangat penting, agar Anda bisa sigap mencegah kebakaran besar dengan memadamkan sumber api sesegera mungkin. Ketika menghadapi api, sebaiknya Anda tidak panik berlebihan, sehingga proses pemadaman api berjalan lancar.

Di sisi lain, keputusan untuk memilih selimut api fiberglass maupun fire blanket berbahan wol ada di tangan Anda. Yang jelas, pastikan selektif memilih supplier fiberglass terbaik, yakni mereka yang sudah berpengalaman, memiliki reputasi yang bagus dalam melayani klien, serta yang terpenting, bisa konsisten menjaga kualitas produk.

Produsen fire blanket terbaik bahkan siap memberikan penawaran harga yang paling terjangkau, dengan syarat dan ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya. Anda bahkan seharusnya bisa berkonsultasi bebas biaya, sehingga mendapatkan rekomendasi terbaik untuk pengadaan perangkat proteksi kebakaran yang tepat, sesuai bidang bisnis yang dikelola.

Sumber: PT Fast Proven Digital