Kebakaran Ilalang Gampong Prada

Banda Aceh, Selasa 16 Juli 2019 – Sekiranya pukul 19.35 wib telah terjadi kebakaran ilalang semak belukar berlokasi di Jalan. Tungai Cut Gampong Prada Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari warga sekitarnya menyatakan bahwa api yang membakar ilalang tersebut berasal dari beberapa tumpukan sampah diduga karena sampah yang sengaja dibakar kemungkinan menjalar ke ilalang. Setelah diamati oleh petugas ternyata benar adanya sebahagian dari sampah api menjalar sampai ketengah area ilallang tersebut. Masyarakat tidak mampu berbuat banyak karena api cukup besar sehingga menimbulkan kepanikan warga sekitar yang bermukim disitu ditakutkan menjalar kerumah warga dan selanjutnya warga menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima dikantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh via nomor darurat ☎0651 – 113  pukul 19.35 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh M. Nurdin, S. Sos menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam pos simpang mesra 1 unit tiba pada pukul 19.40 wib. (Tiba di lokasi 5 menit setelah menerima pengaduan).

Sekiranya pukul 19.50 wib api dapat dipadam. Selanjutnya melakukan pendinginan.  Setelah keadaan telah aman maka Armada kembali ke pos nya pukul 20.15 wib. Dalam proses pemadaman turut dibantu Polsek Syiah Kuala di back up Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi kejadian.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran diduga karena adanya pembakaran sampah yang tidak diawasi.