Rumah Panggung Ludes Terbakar

Banda Aceh,  Sabtu 16 Juni 2018 – Sekiranya pukul 23.50 wib telah terjadi kebakaran 1 unit rumah panggung berkonstruksi kayu beralamatkan di Jalan Makam T. Nyak Arief Gampong Meunasah Baktrieng Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Pemilik rumah atas nama Nirawati umur 60 tahun pekerjaan Ibu rumah tangga.

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi ibu Nirawati (pemilik rumah) didampingi oleh Menantunya kamaruzaman umur 55 tahun pekerjaan pensiunan mengatakan bahwa rumah panggung tersebut dipergunakan sebagai gudang penyimpanan peralatan rumah tangga yang tidak dipergunakan lagi. sedangkan yang bersangkutan tinggal berdampingan dengan gudang yang terbakar tersebut. Pada saat kejadian ini saksi berada dirumahnya namun asal api belum diketahui sehingga gudang tersebut terbakar. Sesangkan rumah miliknya (rumah induk)  dapat diselamatkan.

Selanjutnya saksi panik memohon bantuan tetangga untuk pergi ke pos pemadam kebakaran simpang mesra yang tidak jauh dari lokasi untuk memberitahukan kejadian ini.

Berdasarkan informasi kebakaran tersebut diteruskan ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh via nomor darurat 0651 – 44123/0812 6969 820 pukul 23.50 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh M. Nurdin, S. Sos menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam pos simpang mesra 1 unit disusul oleh armada pemadam pos pango 1 unit dan dibantu armada pemadam Kabupaten  Aceh Besar 3 unit sehingga total armada dilokasi berjumlah 5 unit.

Saat armada mendekati lokasi kebakaran petugas pemadam menghubungi  pihak PLN untuk bantuan pemadaman listrik sehingga petugas dan armada sampai dilokasi pukul 00.00 wib (17 Juni 2018) langsung  melakukan pemadaman api. Saat pemadaman api berlangsung turut didukung oleh PLN (memutuskan arus listrik disekitar lokasi), Petugas Kepolisian Polsek Krueng Barona Jaya di Back Up Personil Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi.
Sekiranya pukul 00.15 wib api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan pendinginan.
Setelah keadaan dilokasi telah aman Armada kembali ke pos nya masing-masing pukul 00.38 wib.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran masih dalam proses penyidikan pihak kepolisian.

with@yudidamkaraceh