Kebakaran Hutan Nipah

Banda Aceh, Sabtu 17 September 2022 – Sekiranya pukul 10.50 wib terjadi kebakaran Hutan Pohon Nipah beralamat di Jln. T. Dianjong Gampong Jawa Kec. Kuta Raja Kota Banda Aceh.

Informasi yang dihimpun dari warga setempat menyatakan bahwa adanya penebangan Hutan Pohon Nipah di area tersebut dan beberapa pekerja di lokasi hutan itu membakarnya namun karena angin kencang sehingga memicu kebakaran yang meluas dikhawatirkan menjalar ke pemukiman warga sehingga warga sekitar menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk bantuan pemadaman api.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima via telepon darurat ☎0651 – 113 pukul 10.50 wib, Muhammad Hidayat, S. Sos selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam 1 unit pos keudah tiba pada pukul 10.55 wib. (tiba di lokasi 5 menit setelah menerima pengaduan) disusul armada posko induk 1 unit, total armada 2 unit di lokasi.

Sekiranya pukul 11.30 wib api dapat dipadamkan, selanjutnya petugas melakukan upaya pendinginan dan setelah keadaan aman armada kembali ke pos nya pukul 12.40 wib

Saat proses pemadaman turut dibantu Polsek Kuta Raja di back up Polresta Banda Aceh, dan Koramil setempat, Personil RAPI, dan personil ERPA dalam pengamanan di lokasi kejadian.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran disebabkan adanya pembakaran sampah yang tidak diawasi (dba)