Penyebab Kebakaran Gudang dan Cara Mengatasinya

Gudang sebagai tempat penyimpanan memiliki risiko mengalami kebakaran. Apalagi jika barang yang ada di dalam gudang tersebut mudah terbakar. Penyebab kebakaran gudang bisa bermacam-macam sehingga perlu diantisipasi. Perusahaan perlu membangun gudang yang aman serta dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran seperti sistem alarm kebakaran, sistem fire sprinkler dan sistem hidran.

5 Penyebab Kebakaran Gudang

Gudang merupakan lingkungan kerja yang unik dan kadang memiliki risiko tersendiri. Ada banyak barang yang disimpan di gudang yang itu menjadi salah satu faktor yang bisa memudahkan terjadinya kebakaran. Berikut ini 5 penyebab utama kebakaran gudang:

 

Kebakaran Yang Di Sengaja

Salah satu penyebab utama terjadinya kebakaran di gudang yaitu tindakan kriminal berupa pembakaran yang disengaja. Orang yang membakar secara sengaja tersebut bisa berasal dari luar atau dari dalam perusahaan itu sendiri. Ini bisa terjadi karena beberapa alasan misalnya sakit hati atau persaingan bisnis.

Kebakaran yang terjadi bisa diinvestigasi penyebabnya sehingga dapat diketahui apakah sumbernya. Kebakaran yang disengaja sulit untuk dicegah, namun bisa diminimalkan kerugiannya jika memiliki sistem proteksi kebakaran otomatis.

 

Lampu Dan Listrik

Listrik bisa menjadi penyebab kebakaran di berbagai jenis bangunan, termasuk gudang. Meskipun gudang tidak memiliki banyak mesin, tetap saja membutuhkan aliran listrik untuk lampu. Beberapa jenis gudang juga membutuhkan pemanas atau pendingin sehingga juga terhubung dengan listrik.

Sambungan listrik dan sumber listrik harus dikelola dengan tepat sehingga tidak berbahaya dan berisiko menimbulkan terjadinya kebakaran. Pemeliharaan instalasi listrik harus dilakukan secara rutin. Jika terjadi kerusakan perlu segera diperbaiki karena bisa membahayakan sekitar.

 

Sampah

Sampah juga bisa menjadi penyebab kebakaran gudang. Setiap gudang dengan banyak orang dan kegiatan pengangkutan barang juga menimbulkan banyak sampah. Kadang pekerja tidak mengerti hubungan antara sampah tersebut dengan bahaya kebakaran.

Sampah sering mengandung bahan yang mudah terbakar sehingga perlu ditempatkan di area yang berbeda. Ini harus dijauhkan dari sumber api atau sumber panas yang tidak dimonitor. Pekerja yang bekerja di area yang penuh sampah juga harus berhati-hati. Pekerja juga perlu tahu jalur evakuasi jika terjadi kebakaran di gudang.

 

Peralatan Pemanas

Gudang yang luas untuk industri bisa jadi lingkungan yang berat saat udara dingin. Di beberapa tempat sistem pemanas menjadi penting untuk disiapkan dalam gudang. Namun ini juga berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran.

Sistem pemanas yang buruk bisa meningkatkan risiko terjadinya kebakaran. Gudang perlu memiliki sistem pemadam api otomatis sehingga bisa mengatasi secara langsung jika ada kemungkinan percikan api atau panas yang berlebih.

 

Kebakaran Yang Menjalar

Gudang kadang berada di area pabrik perusahaan. Jika terjadi kebakaran di fasilitas lainnya dalam area tersebut maka gudang bisa berpotensi ikut terbakar. Apalagi di dalam gudang memiliki banyak barang sehingga api bisa lebih cepat menjalar dan membesar.

Ini merupakan salah satu penyebab paling umum dari kebakaran gudang. Kebakaran ini bisa jadi bahaya yang mematikan jika peralatan keselamatan kebakaran tidak memenuhi standar. Sistem penyiram api juga harus bekerja dengan baik agar bisa membantu memadamkan api di dalam gudang.

 

Cairan Yang Mudah Terbakar

Gudang bisa menjadi tempat untuk menyimpan berbagai jenis barang, termasuk yang berbentuk cairan. Gudang yang berisi cairan yang mudah terbakar tentunya akan memiliki risiko tinggi pada bahaya kebakaran. Perusahaan harus bisa membuat barang cair tersebut tersimpan dengan aman sehingga bisa meminimalkan risiko. Setiap pekerja juga harus memiliki pengetahuan tentang bahaya yang bisa diakibatkan oleh cairan tersebut dan bagaimana cara menanggulanginya.

 

Cara Mengatasi Penyebab Kebakaran Gudang Dengan Sistem Proteksi Profesional

Perusahaan yang memiliki gudang harus melengkapinya dengan sistem proteksi kebakaran. Meskipun gudang tersebut hanya menyimpan barang atau tidak terlalu luas, namun tetap perlu diperhatikan. Ruangan gudang juga harus disesuaikan barang yang disimpan apakah perlu pendingin atau pemanas. Alat-alat elektronik yang berada di gudang perlu mendapat pemeriksaan secara rutin sehingga bisa bekerja dengan baik. Alat elektronik yang bekerja dengan baik tidak akan menyebabkan korsleting listrik.

Selain memperhatikan mengenai peralatan yang bisa menimbulkan bahaya kebakaran, para pekerja juga harus mendapat pelatihan. Pekerja di gudang juga sama seperti pekerja di pabrik yang perlu memiliki pengetahuan mengenai bahaya kebakaran dan penggunaan alat pemadam kebakaran.

Sistem proteksi kebakaran di gudang perlu disiapkan sesuai dengan luas dan risiko yang ditimbulkan. Gudang yang luas dengan banyak peralatan listrik serta bahan yang mudah terbakar tentunya membutuhkan proteksi yang lebih banyak. Perusahaan bisa berkonsultasi dengan ahli untuk merencanakan bagaimana sistem proteksi yang dibutuhkan untuk gudangnya.

TotalFire Indonesia bisa menjadi kontraktor fire protection terpercaya untuk menyediakan peralatan sistem proteksi kebakaran gudang. Penyebab kebakaran gudang dapat diminimalkan risikonya melalui sistem proteksi profesional. Kami menyediakan layanan untuk penginstalan alat sampai perawatannya. Tersedia berbagai produk untuk melindungi bangunan dari bahaya kebakaran.