Kebakaran Beberapa Unit Rumah Di Gampong Gani Kabupaten Aceh Besar

Banda Aceh, Kamis 29 April 2021 – Sekiranya pukul 18.50 wib telah terjadi kebakaran beberapa unit rumah di Jalan Banda Aceh – Blang Bintang Gampong Gani Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, Rumah atas nama :

1. Gunawan Umur 41 tahun, Jumlah KK / Jiwa : 1 KK / 5 jiwa, Jenis bangunan Konstruksi kayu, Tingkat kerusakan Rusak Berat (RB)

2. Askalani Umur 38 tahun, Jumlah KK : 1 Kk / 5 Jiwa, Jenis Bangunan Konstruksi Permanen, Tingkat Kerusakan Rusak Berat (RB)

3. Rahmad Siswadi Umur 37 tahun, Jumlah KK : 1 KK /5 Jiwa, Jenis Bangunan  Konstruksi permanen, Tingkat kerusakan Rusak Ringan(RR)

4. Sukri Umur 60 tahun, Jumlah KK  : 2 KK / 9 Jiwa, Jenis bangunan Semi permanen, Tingkat Kerusakan Rusak Ringan (RR)

Informasi yang dihimpun dari warga sekitar pada saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, pemilik rumah atas nama Gunawan dan Askalani dan keluarga sedang buka puasa di rumah saudaranya yang berdampingan dengan rumah korban, belum diketahui sebab musabab api membakar rumahnya tersebut dan karena rumah berkontruksi kayu dan api begitu cepat menghabiskan seisi rumah sehingga harta benda milik korban tak satupun yang berhasil diselamatkan.

Selanjutnya korban dan warga sekitar berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sembari menghubungi pihak pemadam untuk bantuan pemadaman api.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima via telepon darurat ☎0651 – 113 pukul 18.50 wib, Drs Rizha, MM selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan 1 unit armada penyerang dan 1 unit armada suplay didukung oleh 5 unit armada pemadam Kabupaten Aceh Besar tiba pada pukul 19.00 wib. (Tiba di lokasi 10 menit setelah menerima pengaduan) Total armada dilokasi 7 unit armada.

Sekiranya pukul 19.35 wib api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan, sehingga selesai bertugas armada kembali ke pos pukul 20.35 wib.

Saat proses pemadaman turut didampingi oleh Asisten Setda Aceh Besar Abdullah S,Sos, Anggota Dewan DPRK Aceh Besar serta dukungan dari petugas PLN, Polsek Ingin Jaya, Koramil, RAPI, ERPA dan warga setempat.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian (dba)