Wali Kota Banda Aceh buka Pelatihan LATSAR CPNS

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman membuka Pelatihan Dasar (LATSAR) CPNS Golongan II Formasi Umum Tahun 2019 Angkatan 1 di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh Tahun Anggaran 2021 pola Kemitraan BPSDM dengan BKPSDM Kota Banda Aceh, di Hotel Grand Aceh Syariah, Selasa (23 Maret 2021).

Turut hadir, Kepala BPSDM Aceh Syaridin, Kepala BKPSDM Kota Banda Aceh Arief Maula Kafka, Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Hukum Administrasi Negara (Puslatbang KHAN) RI Faizal Ardiansyah, serta tamu undangan lainnya. Peserta pelatihan berjumlah 38 orang yang terdiri dari 8 laki-laki dan 30 perempuan. Pelatihan rencananya akan berlangsung dari tanggal 23 Maret sampai dengan 29 Mei mendatang.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada peserta pelatihan yang sudah berhasil lolos seleksi untuk mengikuti pelatihan CPNS. “Anda adalah orang-orang yang beruntung, karena diberikan kesempatan oleh Allah SWT menjadi CPNS,” katanya.

Saat ini Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara sudah menggunakan sistem CAT diyakini sangat efektif menutup celah calo dalam seleksi CPNS.
“Ini menandakan penerimaan CPNS sudah ril dan tidak ada lagi berhubungan dengan calo, wali kota, Gubernur dan lainnya, tapi lulus dengan kehebatan sendiri,” ungkap Wali Kota.

Aminullah meghimbau kepada peserta pelatihan agar kelak ketika lulus dan menjadi PNS untuk tetap melayani masyarakat. “Disamping pengetahuan, skil dan lain sebagainya yang paling terdepan adalah pelayanan. Jika mampu melayani maka seorang pengawai itu sangat baik,’’

“Kita mengharapkan pelatihan pendidikan yang akan berlangsung hampir dua bulan ini di ikuti dengan penuh kedisiplinan, serta mengikuti protokol kesehatan,” hibau Mantan Dirut Bank Aceh itu.

Visi-misi Pemko Banda Aceh, kata Aminullah, yaitu Mewujudkan Banda Aceh yang Gemilang dalam Bingkai Syariah yang fokus terhadap bidang agama, bidang ekonomi, bidang pendidikan dan pariwisata. “Ini akan dibahas kedepan dan anda para peserta pelatihan harus mendalami visi-misi Banda Aceh dan anda mengejar visi-misi tersebut melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang akan anda susun nanti,” jelas Aminullah kepada para peserta pelatiahan.

Sebelumnya Kepala BPSDM Aceh Syaridin dalam sambutannya menjelaskan saat ini hampir semua Kabupaten Kota sedang melakuan kegiatan yang sama, “Ini salah satu Rakor kita tahun lalu bahwa setiab Kabupaten Kota yang sudah merekrut CPNS untuk melaksanakan pelatihan dasar. Hal tersebut sesuai dengan keputusan Kemendagri dan Adminitrasi Negara harus menjadi PNS dalam waktu kurang dari satu tahun,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Syaridin, peserta yang mengikuti pelatihan tersebut, tidak memiliki kesempatan kedua apabila tidak lulus saat pelatihan. “Jika tidak lulus akan dilakukan nantinya akan dilakukan remedial, jika tidak lulus juga maka dinyatakan gugur dan tidak ada hak menjadi PNS. Oleh sebab itu, kita harus ikut sepenuh hati,” katanya.