Berbagai Upaya Pencegahan Kebakaran

Kebakaran merupakan momok yang sering menghantui kita, karena meskipun kita bisa mencegah kebakaran namun kebakaran tak pernah bisa kita diprediksi kehadirannya. Kerugian kebakaran juga bisa tak hanya berdampak berupa materi, namun juga kerugian nonmateri.

Sekiranya dapat digambarkan ketika terkena kebakaran, untuk itu ada baiknya kita menyimak langkah-langkah upaya mencegah bahaya kebakaran jika datang menghampiri kita meliputi :

1. Jauhkan alat pematik api dan barang mudah terbakar dari jangkauan anak-anak.

Karena rasa ingin tahu yang besar, anak-anak seringkali mengabaikan bahaya yang mungkin saja terjadi jika mereka memainkan barang-barang yang tidak seharusnya berada di jangkauan mereka. Untuk mencegah kebakaran di rumah, simpanlah segala macam alat pemantik dan barang-barang yang mudah terbakar seperti korek api, rokok, lilin, peralatan elektronik agar tidak mudah dijangkau anak-anak.

2. Jauhkan sumber api dengan barang mudah terbakar

 

Lilin yang menyala di dekat tirai sangat mudah menimbulkan bahaya kebakaran, begitu pula dengan rokok yang masih menyala dan dibiarkan tanpa pengawasan. Awasi penggunaan api dan jangan pernah meninggalkan api menyala di dekat barang-barang yang mudah terbakar.

3. Gunakan peralatan eletronika secara bijak.

Jangan membiasakan diri menggunakan listrik paralel karena mudah memicu hubungan arus pendek. Begitu pula dengan menyalakan peralatan elektronik dalam waktu yang sangat lama. Selain membuat tagihan listrik meningkat, juga bisa membuat peralatan elektronik overheat sehingga memicu hubungan arus pendek.

Kini kita sudah mengetahui upaya mencegah kebakaran serta tak perlu khawatir berlebihan, yang terpenting adalah kita tetap waspada dan menjaga keamanan rumah dari bahaya kebakaran (dba)