Kebakaran Hutan Di Belakang PT. SAI

Banda Aceh, Selasa 02 Juli 2019 – Sekiranya pukul 22.10 wib telah terjadi kebakaran hutan berlokasi dibawah kaki bukit/gunung belakang Pabrik PT. SAI Jalan Banda Aceh-Lhok Nga Km 16 Gampong Mon Iken Kecamatan Lhok Nga Kabupaten Aceh Besar.

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi Pak Burhan umur 52 tahun pekerjaan karyawan PT.SAI menyatakan bahwa ia telah pulang dari kantor tempatnya ia bekerja namun ia mengetahui adanya kebakaran hutan dibelakang pabrik tersebut karena anggota stafnya menelpon menginformasikan keadaan tersebut, sebelumnya sejak sore saksi melihat adanya orang pembersihan lahan kemungkinan dilakukan pembakaran. Informasi yang ia terima langsung menuju posko induk pemadam yang tidak jauh dari rumahnya menginformasikan keadaan tersebut.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima dikantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh via saksi mendatangi kantor pemadam dan via nomor darurat ☎0651 – 113  pukul 22.10 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh M. Nurdin, S. Sos menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam posko induk 1 unit tiba pada pukul 22.20 wib. (Tiba di lokasi 10 menit setelah menerima pengaduan).

Sekiranya pukul 23.05 wib api dapat dipadamkan dan selanjutnya petugas melakukan pendinginan dan memantau beberapa titik api yang masih ada serta tetap stand by dilokasi beberapa saat.

Dalam proses pemadaman turut dibantu Polsek Lhok Nga di back up Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi kejadian.  Setelah keadaan dilokasi telah aman Armada kembali ke pos nya pukul 23.55 wib

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran masih dalam proses penanganan pihak kepolisian.

with@yda