Tiga Unit Toko 1 Lantai Terbakar Di Lampaya

Banda Aceh,  Kamis 28 Juni 2018 – Sekiranya pukul 16.22 wib telah terjadi kebakaran toko 1 lantai 3 pintu berkonstruksi permanen beralamatkan di Jalan Banda Aceh-LhokNga Dusun Leun Gampong Lampaya Kecamatan LhokNga Kabupaten Aceh Besar.

Toko 3 pintu tersebut yaitu:

  1. Depot Obat Khalisa keadaan tertutup
  2. Kelontong keadaan tertutup
  3. Koperasi keadaan tertutup

Toko tersebut atas nama Ibu Siti Asra umur 50 tahun pekerjaan Dokter.

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari tetangga disekitar menyatakan bahwa toko tersebut dalam keadaan tertutup biasanya buka dimalam hari sedangkan pemiliknya beraktifitas sebagai Dokter tidak berada dilokasi pada saat kebakaran terjadi.  Tetangga disekitar menyatakan bahwa api terlihat dari tiang diatas rumah sebagai tonggak penghubung listrik ke bangunan tersebut. Selanjutnya warga sekitar menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima di kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh via nomor darurat 0651 – 44123/0812 6969 820 pukul 16.22 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh M. Nurdin, S. Sos menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam 2 unit kelokasi yang dimaksud.

Saat armada mendekati lokasi kebakaran petugas pemadam menghubungi  pihak PLN untuk bantuan pemadaman listrik sehingga petugas dan armada sampai dilokasi pukul 16.27 wib langsung  melakukan pemadaman api, dibantu 2 Unit armada pemadam Kab. Aceh Besar.

Saat pemadaman api berlangsung turut didukung oleh PLN (memutuskan arus listrik disekitar lokasi), Petugas Kepolisian Polsek Lhoknga di Back Up Personil Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi  kebakaran.  Sekiranya pukul 16.45 wib api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan pendinginan.  Setelah keadaan dilokasi telah aman Armada kembali ke pos nya masing-masing pukul 17.10 wib.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran diduga karena korseleting listrik tiang diatas rumah sebagai tonggak penghubung listrik ke bangunan tersebut.

with@yudidamkaraceh