DPKP Kota Banda Aceh Memperingati HUT DAMKAR Ke – 99 

Banda Aceh,  Senin 5 Maret 2018 – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh melaksanakan Apel Gabungan sekaligus juga  memperingati Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran ke – 99 yang jatuh pada tanggal 1 Maret 2018 lalu, di halaman kantor Walikota Banda Aceh.

Wakil Walikota Banda Aceh Bpk Zainal Arifin selaku pembina apel  dalam amanatnya mengucapkan, “Dirgahayu Kepada seluruh petugas Pemadam Kebakaran Kota Banda Aceh. Memadamkan api besar dan tugas penyelamatan tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya petugas pemadam kebakaranlah yang mempunyai keterampilan dan keahlian dalam pemadaman kebakaran dan penyelamatan tersebut. Peran Penting Pemadam Kebakaran tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya. Tugas Pemadam Kebakaran di Kota Banda Aceh adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan Bahan Berbahaya Beracun (B3) kebakaran; serta pemberdayaan masyarakat. Selain tugas pokok dan fungsi yang telah ditetapkan dalam undang-undang, aparatur pemadam kebakaran saat ini juga dituntut untuk melayani masyarakat pada operasi penyelamatan non kebakaran, bahkan terlibat sampai pada upaya pengamanan masyarakat, “amanatnya.

Hal Senada juga diutarakan oleh Bpk M. Nurdin,  S. Sos selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh mengungkapkan, “teruslah tingkatkan kapasitas dan kapabilitas personil dan kelembagaan Pemadam Kebakaran untuk menyongsong tugas yang semakin komplek dimasa yang akan datang. Tetap Siaga, Jangan Lengah, Harus Sigap, Cepat dan Cerdas dalam menghadapi Kebakaran. Ingat Motto : “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya,” ungkapnya.

Diakhir kegiatan, Wakil Walikota Banda Aceh melepaskan petugas dan armada pemadam kebakaran berkonvoi bersama mengitari pusat Kota Banda Aceh,  dan kembali pulang menuju ke Posko Induk untuk makan bersama (kenduri syukuran).

With@yudidamkaraceh