Kebakaran Kandang Sapi dan Doorsmeer  Nyaris Membakar Rumah Warga

Banda Aceh, Jum’at 15 Desember  2017 – Sekiranya pukul 01.40 wib telah terjadi kebakaran 1 unit kandang sapi dan 1 unit doorsmerr berkonstruksi kayu masih dalam pekarangan lingkungan rumah atas nama Zaini Usman umur 54 tahun pekerjaan tukang becak beralamatkan di Jln. Kebon Raja Lr. Tgk Makan Dusun Mesjid Tuha Gampong Ie Masen Kaya Adang Kecamatan Ule Kareng Kota Banda Aceh.

Informasi yang dapat dihimpun oleh petugas dari saksi Zaini Usman umur 54 tahun pekerjaan tukang becak (pemilik rumah) mengatakan bahwa beliau sedang istirahat (tidur) namun dikejutkan oleh api dan asap berasal dari samping rumahnya nya dan ternyata kandang sapi nya terbakar.  Beliau menduga karena sepertinya berasal dari pengasapan asap guna mengusir nyamuk seperti kegiatan malam-malam biasanya yang berkemungkinan pengasapan menimbulkan api besar dan membakar kandang sapi tersebut. Selanjutnya yang bersangkutan membangunkan anak-anaknya dan juga tetangga sekitar membantu memadamkan api yang berkobar dengan alat seadanya. Sementara warga lainnya menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Berdasarkan informasi kejadian kebakaran ini diterima di kantor DPKP Kota Banda Aceh melalui nomor Emergency 0651 44123 jam 01.45 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh Drs. Ridwan langsung mengerahkan armada pemadam 3 unit ke lokasi kejadian.
Setelah armada tiba dilokasi jam 01.53 wib ternyata kebakaran  telah membakar juga bangunan doorsmerr yang masih satu pekarangan rumah. Total bangunan yang terbakar meliputi kandang sapi dan doorsmeer yang berkonstrusi kayu namun rumah masih bisa terselamatkan hanya mengenai dinding dan lesplang rumah sedikit.

Pada saat pemadaman berlangsung turut didukung oleh Petugas Kepolisian Polsek Ule Kareng di Back Up Personil Polreta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi serta anggota RAPI melakukan bantuan komunikasi dan pengaturan lalu lintas di sekitar area lokasi kebakaran. Sekira Jam 02.15 wib, api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan pendinginan. Setelah petugas pemadam menyatakan keadaan dilokasi telah aman maka Armada baru bisa kembali ke pos nya masing-masing jam 02.30 wib.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa namun 1 ekor sapi terpanggang dan 1 ekor sapi lagi berhasil diselamatkan, dan penyebab kebakaran berawal dari pengasapan kandang sapi.

With @yudidamkaraceh