Sosialisasi dan Simulasi Pencegahan Bahaya Kebakaran Di Gampong Ateuk Jawo

Banda Aceh, Selasa 30 Oktober 2018 – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh merupakan institusi yang menangani masalah bencana kebakaran dan penyelamatan, baik pada saat sebelum terjadi bencana, saat terjadi bencana, maupun setelah terjadi bencana. Berbagai upaya pencegahan kebakaran diwujudkan dalam bentuk pembekalan sosialisasi dan simulasi bertujuan agar dapat menekan tingkat jumlah angka kebakaran yang terjadi.

Dalam rangka mitigasi bencana atau mengurangi korban pada saat bencana, maka diperlukan kesiapan-kesiapan, baik kesiapan dari masyarakat salah satu indikator dari kesiapan masyarakat adalah dengan seringnya diadakan pembekalan sosialisasi dan simulasi pencegahan bahaya kebakaran kepada masyarakat khususnya masyarakat gampong dan kali ini yang mendapat kesempatan adalah Gampong Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, (30/10).

Nurdin,  S. Sos selaku Kepala Dinas Damkar Kota Banda Aceh dalam kata sambutannya mengatakan Tupoksi pemadam kebakaran selain melakukan pemadaman juga melakukan upaya pencegahan melalui sosialisasi dan simulasi kepada masyarakat khususnya di masyarakat gampong agar setiap warga masyarakat gampong mengerti dan dapat melaksanakan upaya penanggulangan dini/awal kebakaran.

Hadir pada saat pembukaan sosialisasi dan simulasi anggota DPRK Banda Aceh Bapak Zulfikar, ST dalam amanahnya mengatakan, sosialisasi dan simulasi yang diadakan kali ini dimasyarakat Gampong Ateuk Jawo sangat penting dan dikhususkan mayoritas ibu-ibu mengingat ibu-ibu yang ada dirumah berhadapan langsung saat kebakaran yang mungkin terjadi. Makanya peran ibu-ibu sangat penting dalam hal penanganan awal/dini akan kebakaran tersebut

Dalam kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Pencegahan Bahaya Kebakaran ini dipandu dengan instruktur dari Dinas Damkar dari materi bimbingan tentang kebakaran, simulasi tabung LPG dan simulasi pemadaman secara tradisional dan modern menggunakan APAR yang terbagi kedalam 2 gelombang berjumlah 100 peserta yaitu gelombang pertama tanggal 30 Oktober dan gelombang kedua tanggal 31 Oktober 2018

Munawar selaku Keuchik Gampong berharap kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahunnya karena kegiatan ini sangat bermamfaat walaupun secara bertahap para pesertanya dan untuk kedepannya dapat menyentuh segenap lapisan masyarakat Gampong Ateuk Jawo.

Koordinator Pelaksana kegiatan ini Ardi Asyadi, S.Sos selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan menambahkan, ”tujuan sosialisasi dan simulasi ini adalah agar masyarakat mampu melaksanakan penanggulangan kebakaran agar dampak bencana yang ditimbulkan dapat diminimalisirkan.

with@yda