Kebakaran Ilalang Panikkan Warga Jeulingke

Banda Aceh, Kamis 17 Mei 2018 – Petugas Dinas Pemadan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar batang ilalang di semak belukar Jalan Rawa Sakti Timur, (depan Masjid Al Wustha) Perumahan Jeulingke, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Kamis (17/5) sekitar pukul 19.00 WIB. Kebakaran jelang berbuka puasa itu menimbulkan kepanikan warga setempat. Dugaan sumber api yang membakar ilalang itu berasal dari pembakaran sampah yang ditinggalkan warga.

Kepala DPKP Kota Banda Aceh, M Nurdin, S.Sos, mengatakan,” begitu mendapat informasi ada kebakaran ilalang di Gampong Jeulingke, petugas pemadam langsung diturunkan ke lokasi beserta 1 (satu) unit mobil pemadam yang turut dikerahkan ke lokasi. “Kebakaran semak belukar yang ditumbuhi ilalalng itu mencapai 15 meter. Kalau tidak cepat tertangani, bisa merambah ke rumah warga setempat. Kami imbau, bagi warga yang membakar sampah, untuk tidak ditinggalkan. Dari hal-hal kecil seperti ini yang sering diabaikan, sehingga berdampak memunculkan kebakaran. Apalagi di lokasi permukiman padat penduduk,” kata Nurdin, didampingi Yudi,SH Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran kepada Serambi, Kamis (17/5).

Ia menjelaskan sekitar pukul 19.00 WIB warga Jeulingke mendatangi pos pemadam di wilayah Simpang Mesra dan memberitahukan ilalang sedang terbakar. Karena mengingat di lokasi padat perumahan penduduk serta api mendekati jaringan listrik, sehingga petugas pemadam beserta satu unit armada kebakaran pun diturunkan ke lokasi. “Sekitar pukul 19.25 WIB api berhasil dipadamkan. Bahkan petugas kami berbuka puasa di lokasi kebakaran ilalang,” pungkas Nurdin.

with@yudidamkaraceh