SIMULASI KEBAKARAN PADA GEDUNG KEUANGAN BANDA ACEH

M. Hidayat S.Sos (Kadis DPKP Kota Banda Aceh) Membuka Kegiatan Simulasi Kebakaran Di Aula Lt. 3 gedung A Keuangan Banda Aceh

Banda Aceh, Selasa 23 Juli 2024 DPKP Kota Banda Aceh melakukan Simulasi Kebakaran pada Gedung Keuangan Banda Aceh.

Pada kegiatan ini Yudi, SH (Pejabat Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Kebakaran DPKP Kota Banda Aceh) sebagai narasumber pada penanggulangan kebakaran secara Tradisional, Modern, dan Penanggulangan Kebakaran LPG, dan Hazairin S.Sos (Danru III) sebagai Narasumber Pada Kegiatan Formasi Regu Hydrant.

M. Hidayat S.Sos Selaku Kadis DPKP Kota Banda Aceh menjelaskan, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan pada karyawan/karyawati gedung Keuangan, dan diharapkan dapat memahami penggunaan alat alat Proteksi Kebakaran dalam pengamanan terhadap bahaya kebakaran serta mencegah terjadinya kebakaran dan Melatih kesiapsiagaan kita terhadap kebakaran.

M. Hidayat, S.Sos
Kadis DPKP Kota Banda Aceh

Hidayat juga mengungkapkan perlunya perhatian terhadap alat alat proteksi yg kita miliki sebagai bentuk menjaga aset penting kita dari bahaya kebakaran terutama pada penggunaan hydrant karena sebagai alat proteksi kebakaran dalam skala besar.

kejadian kebakaran sering terjadi di akibatkan karena kelalaian dan kepanikan kita dalam menghadapi situasi kebakaran, sehingga dari api kecil yang masih mampu kita padamkan sendiri karena kepanikan serta kurangnya ilmu dalam melakukan pencegahan sehingga api menjadi besar dan sulit untuk dipadamkan, imbuhnya”

Yang perlu kita ketahui Pemadam kebakaran juga Memiliki dua tugas fungsi pokok yaitu melakukan penyelamatan dan evakuasi.

Kondisi kasus kebakaran dalam 2 minggu terakhir ini sudah meningkat menjadi 37 kasus kebakaran yg di dominasi oleh kebakaran rumah, kemudian kebakaran ilalang, sementara untuk pemyelamatan dan evakuasi sudah mencapai 30 kasus, yang paling banyak kita evakuasi yaitu biawak, ular, kemudian sarang tawon, dsb.

Dan apabila bapak ibu mendapatkan kasus2 sperti ini silahkan menghubungi Dinas pemadam kebakaran, dan sampaikan informasi ini dengan orang terdekat, imbuhnya”

Kepala Kantor Pengelolaan Technologi Informasi dan Komunikasi dan Barang Milik Negara Medan Anandita Ramdhani Widigdya melalui Zoom Streaming mengucapkan terima Kasih dan apresiasi kepada Kadis DPKP Kota Banda Aceh serta Narasumber yang terlibat pada kegiatan ini, kemudian Anandita mengharapkan kepada seluruh peserta kegiatan agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memantapkan pengetahuan pada penggunaan alat-alat Proteksi Kebakaran sebagai pencegahan jika terjadi kebakaran.