Tiga Unit Rumah Desa Kajhu Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar, Terbakar

Banda Aceh, Selasa 05 Oktober 2021 – Sebanyak tiga unit rumah di Desa Kajhu, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, terbakar, Ketiga rumah itu milik Muharril, Harianti (janda) dan Taufiqurahman.

Heru Triwijanarko, S.STP, M.Si selaku Plt. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, mengatakan, dua unit rumah kontruksi permanen rusak berat dan satu unit rumah berkontruksi permanen rusak sedang. Korban mengungsi di rumah familinya.

Data rumah yang terbakar atas nama :

  1. Muharril berjumlah 1 KK/1 jiwa, rumah kontruksi permanen tingkat kerusakan rusak sedang (RS).
  2. Harianti (janda) 1 KK/3 jiwa, rumah kontruksi permanen tingkat kerusakan rusak berat (RB).
  3. Taufiqurahman KK/Jiwa berjumlah 1KK/ 2 jiwa dengan jenis bangunan rumah kontruksi permanen mengalami rusak berat (RB).

Dalam musibah itu, petugas Damkar Banda Aceh yang menerima laporan tentang adanya kejadian kebakaran rumah yang disampaikan oleh warga setempat, Petugas langsung bergerak ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan Pos Induk Sibreh serta Pos Durung untuk melakukan penanganan kebakaran tersebut.

Setiba di lokasi kejadian petugas melihat api sudah membesar dan menghabiskan seluruh bagian yang berkontruksi permanen yang berdekatan, Sehingga petugas pun langsung melakukan blokade api agar tidak merambat dan meluas ke bagian rumah warga lain dan kondisi cuaca yang panas dan rumah kontruksi permanen yang berdekatan.

Api begitu cepat dan mudah menghanguskan rumah korban serta harta bendanya, tak satupun berhasil diselamatkan dengan kondisi dua rumah rusak berat dan satu rumah rusak sedang.

Petugas piket Damkar Banda Aceh Pos Simpang Mesra mengerahkan 1 unit armada di bantu oleh 1 unit armada pos Kajhu, 1 unit armada pos Sibreh dan 1 unit armada pos Durung serta dukungan pengamanan dari pihak TNI/Polri setempat dan usaha pemadaman dan pendinginan baru selesai pada pukul 14.30 Wib (dba).