Eksekusi Sarang Tawon Gampong Lambhuk Ulee Kareng

Banda Aceh, Selasa 21 September 2021 – Regu III Tim Rescue Damkar Kota Banda Aceh, sekiranya pukul 22.50 wib malam tadi mengeksekusi sarang tawon yang sudah membesar dalam lemari pakaian di gudang rumah atas nama Samudin umur 50 tahun beralamat Jln. Krueng Putoh Gampong Lambhuk Kec.Ulee Kareng Kota Banda Aceh.

Plt. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Heru Triwijanarko, S.STP, M.Si mengatakan begitu mendapat laporan di 0651-113 petugas langsung menuju ke lokasi, “Setelah mempersiapkan seluruh peralatan dan segala sesuatu yang dibutuhkan Regu III Tim Rescue Damkar Banda Aceh langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan eksekusi,” kata Heru, kepada serambinews.com.

Menurut pemilik rumah Samudin umur 50 tahun tawon-tawon yang bersarang di lemari pakaian bekas terletak di gudang rumahnya itu diketahui baru baru ini terlihat tawon keluar dari selah-selah lemari namun yang bersangkutan tidak berani untuk membuka lemari tersebut sehingga ianya menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk bantuan mengatasi keadaan ini.

Begitu tiba di rumah Samudin, petugas langsung mengenakan baju pengaman diri dan menyemprotkan bahan anti serangga yang sudah dipersiapkan, “Petugas harus menunggu momen yang tepat untuk melakukan eksekusi tawon-tawon tersebut dari sarangnya.”

“Makanya kita sering memilih waktu malam hari, sehingga tawon yang diusir dari sarangnya itu tidak terbang kemana-mana,” terang Heru.

“Alhamdulillah, petugas terus belajar dari pengalaman-pengalaman, jadi, sebelum melakukan eksekusi, segala sesuatu sudah dipersiapkan,” jelas Heru.

Setelah eksekusi sarang tawon yang bersarang di lemari pakaian bekas terletak di gudang tersebut itu berhasil dilakukan oleh Regu III Tim Rescue Damkar Banda Aceh yang dipimpin Wadanru III Taufik beranggotakan Mukhlisin dan Muhib selanjutnya tempat tawon itu bersarang dilumuri oli bekas, tujuannya, agar tawon-tawon tersebut tidak kembali lagi kesana membuat sarangnya di titik yang sama, pungkas Heru (dba).