Nyaris Gedung IAIN Ar-Raniry Terbakar Gara-Gara Korsleting Kabel Pompa Air

Banda Aceh, Minggu 27 Juni 2021 – Sekiranya pukul 12.00 wib telah terjadi Kebakaran Gedung Kampus Psikologi IAIN beralamat Jalan Komplek Kampus IAIN Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. 

Informasi yang diperoleh dari saksi Satpam IAIN menyatakan mencium bau sesuatu yang terbakar ternyata api berasal dari kabel listrik sanyo (pompa air) terbakar menjalar ke lemari dan tumpukan kertas dikardus yang berada di bawah tangga di lantai I.

Selanjutnya Satpam menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk bantuan memadamkan api agar tidak menjalar ke ruangan lainnya.

Berdasarkan informasi diterima via telepon darurat ☎0651 – 113  pukul 12.00 wib, Drs Rizha, MM selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam 1 unit pos simpang mesra tiba pukul 12.05 wib (tiba di lokasi 5 menit setelah menerima pengaduan).

Api dapat dipadamkan pukul 12.10 wib dan selanjutnya melaksanakan upaya pendinginan dan selesai bekerja armada dan petugas kembali ke pos pukul 12.45 wib.

Saat proses pemadaman turut dibantu petugas PLN, Polsek Syiah Kuala di back up Polresta Banda Aceh, personel Kodim, Koramil setempat , relawan ERPA dan RAPI dalam pengamanan di lokasi kejadian. 

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran berawal dari korsleting kabel listrik sanyo (pompa air) namun perkembangan lanjutan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian (dba)