Kesiapsiagaan Petugas Menjaga Kota Bebas Kebakaran Melalui Sosialisasi

Banda Aceh, Rabu 14 April 2021 – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh jauh-jauh hari sebelum bulan suci Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 M telah berupaya semaksimal mungkin melaksanakan upaya pencegahan dini bahaya kebakaran dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat melalui media elektronik maupun media cetak serta media sosial lainnya agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati di kehidupan sehari-hari agar bencana kebakaran tidak menghampiri warga Kota Banda Aceh tercinta.

Seperti dilansir pemberitaan selama ini bahwa bulan puasa dan lebaran tingkat bencana kebakaran agak meningkat dibandingkan dengan hari-hari biasanya.  Tidak bisa dipungkiri pada kenyataannya bencana kebakaran memang meningkat pada bulan tersebut padahal pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh telah berupaya semaksimal mungkin mengingatkan masyarakat akan perilaku masyarakat lebih mewaspadai dan mampu melaksanakan penanganan awal (pemadaman api awal) kebakaran pada saat bencana tersebut terjadi. 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh Drs. Rizha, MM melalui Yudi SH selaku Kepala Seksi Pembinaan Dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran mengatakan,“bahwa disamping petugas bersosialisasi di kalangan masyarakat dan dunia usaha juga kesiapsiagaan petugas telah maksimal dalam hal Response Time saat informasi dan berita sampai ke dinas menyatakan adanya bencana kebakaran di suatu tempat karena SOP Response Time yaitu 15 menit sudah dilokasi dan siap aksi melakukan pemadaman.” 

Ditegaskan bahwa selama bulan puasa dan lebaran idul fitri terhadap petugas, kami tidak dibenarkan adanya izin cuti dan hal lainnya yang dapat mengganggu tugas penjagaan piket dalam melayani masyarakat terhadap kebakaran, dan petugas hadir lengkap tetap siaga 1. “tegasnya. 

Ditambahkan bahwa, “Pengecualian izin petugas tidak hadir piket diberikan atas dasar keperluan keluarga dalam hal sakit namun tetap adanya pergantian dengan petugas lain, “ tambahnya. 

Harapan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh kedepan tetap maksimal bersosialisasi pentingkan upaya pencegahan,  penanganan awal kebakaran demi mewujudkan Kota Banda Aceh yang gemilang dalam bingkai syariah dan terhindar jauh dari bencana kebakaran (dba)