Damkar Banda Aceh Minta Warga Antisipasi Potensi Kebakaran Di Musim Kemarau

Banda Aceh, 4 April 2021 – Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Banda Aceh mengajak masyarakat untuk melakukan upaya antisipasi kebakaran di musim kemarau ini sebab api bisa lebih cepat menyebar di udara kering.

Kinerja Petugas setiap tahunnya pada saat memasuki musim kemarau dan bulan puasa ramadhan lebih berat karena menghadapi tantangan berkurangnya sumber air, sedangkan air merupakan peluru utama pemadam kebakaran.

“Tingkatkan kehati-hatian, jika terjadi kebakaran mesti cepat melapor agar responnya cepat sehingga kerugian bisa ditekan,” kata Yudi, SH selaku Kepala Seksi Pembinaan Dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran kepada Awak Media (04/04)

Menurutnya hampir setiap kecamatan di wilayah Kota Banda Aceh rawan kebakaran, diantaranya adalah wilayah Kecamatan Kuta Alam dan Kecamatan Baiturrahman. 

Salah satu sebabnya, ujar Yudi adalah karena wilayah Kecamatan Kuta Alam dan Kecamatan Baiturrahman merupakan kawasan padat penduduk dan dunia usaha, “Kebakaran kerap terjadi di wilayah tersebut hampir 70% penyebabnya karena korsleting listrik, ada juga karena kebocoran tabung gas LPG ,” ujarnya.

Yudi pun menyebutkan,” salah satu penyebab tingginya angka kebakaran di wilayah kecamatan tersebut karena korsleting listrik yaitu pemakaian listrik rumahan dan tempat usaha adanya penumpukan stoker listrik, nah perilaku inilah yang harus di indahkan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya korsleting listrik,” sebutnya.

Sosialisasi akan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran terus digaungkan kepada masyarakat untuk meningkatkan kehati-hatian agar tidak terjadi kebakaran di musim kering ini, salah satunya dengan memastikan penggunaan listrik yang aman, mematikan listrik saat hendak keluar rumah dan tidak meninggalkan rumah dalam kondisi sedang memasak (dba)