Upaya Pencegahan Kebakaran Mobil

Sering kita mendengar informasi dan berita perihal mobil terbakar di jalan raya atau di tempat parkiran. Tidak sedikit yang berasumsi berkesimpulan bahwa pemicu terbakarnya mobil secara tiba-tiba, karena hubungan pendek arus eletrik, selain itu banyak yang berpendapat mobil terbakar dikarenakan kelalaian pemilik mobil seperti melakukan modifikasi dan menggunakan komponen yang tidak sesuai.

Untuk menghindari mobil terbakar secara tiba-tiba akibat kelalaian pengguna, sedikit saran kami dari Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Banda Aceh menyampaikan arahan dan wajib dilaksanakan bagi pemilik kendaraan. Berikut ini penjelasan singkatnya:

1. Rutin Mengecek ruang Mesin

Ketika selesai membersihkan mobil usahakan periksa kembali ruang mesin dengan cermat dan teliti.  Pastikan tidak ada kain lap, atau material lainnya yang mudah terbakar tertinggal di ruang mesin. Jika ada benda tertinggal di ruang mesin bisa berpotensi menimbulkan kebakaran.

2. Penutup Oli

Pastikan tutup oli terpasang rapat. Apabila tidak terpasang dengan benar, besar kemungkinan cipratan oli menetes ke knalpot yang panas dan dapat mengubah percikan oli tersebut menjadi api .

3. Waspadai Menginstalasi Kabel Sistem Eletrik Peralatan Eletronika

Saat memasang aksesori kelistrikan, dianjurkan untuk menggunakan sekring sebagai pengaman, karena apabila tidak dihiraukan kabel berpotensi meleleh dan menyebabkan mobil terbakar. Selain itu, sekring yang terpasang jauh dari sumber eletrik (baterai/aki) dan terminal konektor yang longgar juga dapat mengakibatkan panas berlebihan dan menimbulkan percikan api.

4. Hindari Penggantian Lampu

Tidak dianjurkan mengganti bohlam untuk headlamp atau foglamp dengan watt yang lebih besar atau menggunakan produk yang tidak resmi. Kapasitas watt yang lebih besar dari standar dapat menyebabkan aki terkuras dan berpotensi mengakibatkan panas berlebihan yang bisa berkemungkinan terjadi kebakaran.

5. Jangan Meninggalkan Powerbank

Jika ingin meninggalkan mobil dalam waktu sebentar maupun lama, pastikan tidak meninggalkan powerbank dalam kondisi sedang dicolok ke soket. Powerbank yang masih terpasang di soket, dapat menyebabkan korsleting pada baterai dan berpotensi meledak.

6. Jangan Meninggalkan Korek Api/ Mancis/Pematik Api

Jangan menyimpan dan meninggalkan korek api gas di laci kabin mobil atau di atas darsboard. Suhu kabin mobil yang panas dapat menyebabkan korek api gas meledak dan bisa menimbulkan kebakaran (dba)