Kebakaran Kamar Tidur Dugaan Charger HP Power Bank

Banda Aceh, Senin 01 Maret 2021 – Sekiranya pukul 15.50 wib telah terjadi kebakaran kamar tidur rumah atas nama Lutfi Auni umur 60 tahun pekerjaan Dosen UIN dan isteri Ulfa umur 50 tahun beralamat di Jalan Mujair No.10 Gampong Bandar Baru Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh.

Informasi yang dihimpun dari saksi ibu Dila (tetangga) menyatakan bahwa ia melihat api dari arah kamar samping rumah sedangkan pemilik tidak berada di rumah.

Pemilik rumah mengetahui rumahnya terbakar karena dihubungi tetangga sekitarnya dan dari kesaksian anak pemilik rumah pun menyatakan berkemungkinan charger HP (power bank) terhubung pada kabel stoker listrik terletak di atas tempat tidur.

Tetangga sekitarnya pun langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk bantuan pemadaman api.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima via telepon darurat ☎0651 – 113 pukul 15.50 wib, Drs Rizha, MM selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam 3 unit tiba pada pukul 15.58 wib. (Tiba di lokasi 8 menit setelah menerima pengaduan).

Sekiranya pukul 16.15 wib api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan, sehingga selesai bertugas armada kembali ke pos pukul 16.37 wib.

Saat proses pemadaman turut dibantu petugas PLN, Polsek Kuta Alam di back up Polresta Banda Aceh, personil Kodim, Koramil setempat , relawan ERPA dan RAPI dalam pengamanan di lokasi kejadian. 

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran diduga dari charger HP terhubung pada kabel stoker listrik diatas tempat tidur namun perkembangan lanjutan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian (dba).