Kebakaran Toko Lantai II (Bekas Los Pisang)

Banda Aceh, Kamis 18 Februari 2021 – Sekiranya pukul 16.30 wib terjadi kebakaran Toko Rahmad (bagian lantai atas) di Jalan WR Supratman Gampong Peunayong Kecamatan Kuta Alam atas nama Nizarli umur 38 tahun asal Ulee Kareng pekerjaan jual rempah-rempah rumah tangga.

Informasi yang dihimpun dari saksi pemilik toko Rahmad pemilik Nizarli umur 38 tahun (toko lantai bawah) menyatakan bahwa toko lantai atas yang biasanya tempat jualan los pisang yang kini tidak dipergunakan lagi oleh warga menjadi tempat tumpukan barang-barang bekas, namun ada warga yang tidak dikenal (anak punk) sering mendiami bangunan kosong tersebut dan dugaan sementara api berawal dari puntung rokok membakar tumpukan barang-barang bekas tersebut.

Saksi yang biasanya menutup cepat toko sebelum pukul 16.00 wib melihat asap dan api membakar bangunan lantai II dan selanjutnya saksi meminta bantuan warga sekitar menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima via telepon darurat ☎0651 – 113 pukul 16.30 wib, Drs Rizha, MM selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam 4 unit tiba pada pukul 16.37 wib. (Tiba di lokasi 7 menit setelah menerima pengaduan).

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 16.45 wib dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan.

Saat proses pemadaman turut dibantu petugas PLN, Polsek Kuta Alam di back up Polresta Banda Aceh, relawan ERPA, RAPI dan Koramil setempat dalam pengamanan di lokasi kejadian.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran diduga dari puntung rokok namun untuk perkembangan lanjutan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian (dba).