Kebakaran Rumah Di Gampong Garut Kabupaten Aceh Besar

Banda Aceh, Selasa 12 November 2019 – Rumah berkontruksi semi permanen milik Adi Switno umur 54 tahun Jalan Soekarno Hatta Lorong Tua, Gampong Garut, Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, habis dimangsa ‘si jago merah’, Selasa (12/11/2019) sekitar pukul 11.50 Wib.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. akan tetapi, tak ada satu pun barang yang mampu diselamatkan dari rumah berkontruksi papan ini. Rumah itu dihuni oleh lima jiwa, Terdiri atas satu Kepala Keluarga (KK), Adi Switno, bersama istri dan tiga anaknya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan Kota Banda Aceh, Drs. Rizha, MM mengatakan, api yang membakar rumah berkonstruksi papan semi permanen itu begitu cepat membesar dan menjalar ke ruangan lainnya.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun oleh petugas dari warga sekitar menyatakan bahwa
beberapa saksi mata di sekitar lokasi kejadian, api begitu cepat membesar. Sehingga dalam waktu yang tidak begitu lama, api sudah melumat seluruh bangunan, warga setempat sempat memberikan bantuan pemadaman dengan mempergunakan alat seadanya.

Selanjutnya menginformasikan kejadian tersebut ke pihak pemadam kebakaran dengan mengunjungi langsung ke kantor Dinas yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Satu unit armada pemadam kebakaran dan satu unit mobil tangki air ukuran 12 ton dikerahkan untuk kebutuhan suplai air. Pemadaman baru selesai dilakukan oleh petugas sekitar pukul 12.00 Wib.

“Untuk penyebab kebakaran sejauh ini masih dalam penangganan pihak kepolisian,” pungkas Drs. Rizha, MM. Dalam penangganan kebakaran itu, petugas koramil dan Polsek setempat, PLN, relawan RAPI, serta warga setempat juga ikut membantu.