DPKP Banda Aceh Gelar Simulasi Penanggulangan Kebakaran Bagi Siswa SMP Negeri 7 Banda Aceh

Banda Aceh, Rabu 23 Oktober 2019 – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), menggelar pelatihan dan simulasi penanggulangan kebakaran bagi siswa SMP Negeri 7 Kota Banda Aceh, Rabu, (23/10/2019).

Walikota Banda Aceh melalui Staf Ahli, Muzakkir meyebutkan, simulasi penanggulangan kebakaran penting dan perlu digelar di setiap sekolah. Karena menurut Walikota, pelajar merupakan bagian dari rumah tangga yang sejak dini harus diberi edukasi tentang keselamatan.

“Jika punya pengetahuan dan keterampilan yang baik, ananda sekalian bisa mencegah terjadinya kebakaran. Ingat, yang paling penting saat terjadi kebakaran, pastikan diri kita telah aman dan segera hubungi mobil pemadam kebakara, Jangan malah menyelamatkan harta benda dulu.” Sebutnya.

Sementara itu, Plh Kadis Pendidikan Sulaiman Bakri dalam sambutannya mengatakan, segala bencana tidak kita sadari bisa datang kapan saja. Kita semua tahu bahwa teman-teman dari DPKP tidak henti untuk terus bersosialisasi atau pelatihan dan simulasi penanggulangan kebakaran bagi siswa SMP, karena ini cara yang cukup ampuh untuk memberi informasi bagi anak – anak sejak dini.

“Bencana seperti ini setiap saat bisa saja mengintai kita. Semoga ini menjadi pedoman bagi anak – anak untuk disampaikan juga kepada keluarga.” Ujarnya.

Ia berharap agar kedepan lebih banyak lagi diselenggarakan sosialisasi semacam ini, agar kemanfaatan bisa dirasakan bagi masyarakat luas.

Kabid Pencegahan, Drs Nasri mewakili Kepala DPKP Kota Banda Aceh dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Tahun depan akan memberikan pelatihan di 33 SMP yang ada di Banda Aceh.

“Ini sangatlah penting untuk kita laksanakan, karena simulasi pencegahan ini perlu digalakkan. Sehingga nantinya setelah pelatihan ini, siswa SMP Negeri 7 dapat menyampaikannya kepada masyarakat atau tetangga sekitar, ” harapnya.

“Pelatihan dan simulasi yang kami berikan meliputi bagaimana cara memadamkan api dengan perlengkapan yang ada di rumah seperti handuk atau goni basah, cara menggunakan APAR, serta teknik memadamkan api akibat kebocoran selang tabung gas,” ungkapnya.

Selain melakukan sosialisasi, DPKP ikut menyerahkan sejumah alat pemadam api ringan (APAR) kepada beberapa utusan sekolah.

Sejumlah Siswa SMP Negeri 7 Banda Aceh, ikut memperagakan cara memadamkan api, bahkan mereka terlihat sangat antusias.