Kebakaran Ilalang Gampong Rukoh

Banda Aceh, Sabtu 14 September 2019 – Sekiranya pukul 19.23 wib telah terjadi kebakaran ilalang di Jln. Rukoh Utama Gampong Rukoh Kec.Syiah Kuala Kota Banda AcehPemilik lahan M. Yusuf umur 50 tahun pekerjaan swasta.

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi Pemilik lahan M. Yusuf umur 50 tahun pekerjaan swasta menyatakan bahwa ia membersihkan sampah rumah tangga yang dibuang warga setempat dilahannya tersebut dan membakarnya karena sudah sangat menumpuk.  Namun beberapa saat kemudian api membesar dan menjalar rimbunnya ilalang dilokasi. Saksi menjadi panik dan langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima dikantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh pukul 19.23 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh Drs. Rizha, MM menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam Pos simpang mesra 1 unit, tiba pada pukul 19.29 wib. (Tiba di lokasi 6 menit setelah menerima pengaduan).

Sekiranya pukul 19.40 wib api dapat dipadamkan Selanjutnya petugas melakukan upaya pendinginan dibeberapa titik api. Setelah keadaan aman maka armada kembali ke pos nya pukul 19.50 wib. Dalam proses pemadaman turut dibantu Polsek Syiah Kuala di back up Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi kejadian.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran disebabkan adanya pembakaran sampah.