Kebakaran Ilalang Gampong Deah Raya

Banda Aceh, Jum’at 30 Agustus 2019 – Sekiranya pukul 18.00 wib telah terjadi kebakaran ilalang di Jln. Kuntaran Lr. Banta Muda Gampong Deah Raya Kec. Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi M. Nasir umur 60 thn pekerjaan swasta menyatakan bahwa lahan yang ditumbuhi ilalang tersebut adalah miliknya dan ia mengakui sedang melakukan pembersihan dan membakar sampah namun tiba-tiba api membesar dan menjalar ilalang sekitarnya.  Saksi menjadi panik karena api mendekati rumah dan mengutus warga sekitarnya untuk menjemput pemadam kebakaran (Pos Peulangi) berjarak 4Km yang tidak jauh dari lokasi.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima dikantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh pukul 18.00 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh Drs. Rizha, MM menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam Pos Peulangi 1 unit, tiba pada pukul 18.05 wib. (Tiba di lokasi 5 menit setelah menerima pengaduan).

Sekiranya pukul 18.20 wib api dapat dipadamkan Selanjutnya petugas melakukan upaya pendinginan. Setelah keadaan aman maka armada kembali ke pos nya pukul 18.40 wib. Dalam proses pemadaman turut dibantu Polsek Syiah Kuala di back up Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi kejadian.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran disebabkan adanya pembakaran sampah.