Operasi Pembersihan Sarang Lebah Oleh Damkar Banda Aceh

Banda Aceh, 27 Agustus 2019 – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh sekiranya pukul 22.00 Wib turun tangan mengevakuasi sarang lebah cukup besar yang berada di batang pohon besar dipinggiran jalan Sisingamaharaja Gampong Mulia Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Keberadaan sarang lebah ini dianggap meresahkan warga sekitarnya.

Operasi pembersihan sarang lebah digelar Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh oleh Saiful Bahri dan Sukri, setelah mendapat laporan warga. Sebenarnya pelaporan diterima siang hari sekitar pukul 14.00 wib namun tidak dapat dilaksanakan mengingat kondisi masyarakat yang masih hilir mudik ditempat tersebut dan baru dapat dilakukan pembersihan sarang lebah malamnya (27/8/2019).

Posisi sarang lebah tersebut ternyata telah jatuh dipinggiran jalan yang kemungkinan tertiup angin yang cukup kencang malam tersebut. Namun Petugas tetap menggunakan safety walaupun sarang lebah itu telah jatuh di pinggiran jalan, “demikian yang diungkapkan oleh Edisah Putra, SH selaku Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh,” dilokasi

Beberapa ekor lebah berukuran besar dengan warna hitam pekat keluar dari sarangnya. Seorang petugas mengenakan pakaian pelindung  yang dilengkapi sarung kepala serta masker wajah perlahan melakukan pembakaran sarang tawon tersebut didampingi oleh Kamtibmas Polsek Kuta Alam, unsur perangkat desa dan masyarakat setempat merelokasi agar warga disekitar tidak mendekat yang berkemungkinan terjadi sengatan lebah tersebut.

“Sudah sekitar dua bulanan ada sarang lebah disini, awalnya berukuran kecil dan warga sekitar kurang menghiraukannya, namun sekarang sudah sangat besar begini makanya kami melaporkan tentang keadaan ini kepada Dinas Damkar Banda Aceh,“ujar Suriadi selaku Kheucik Gampong Mulia, dan butuh waktu satu jam mengevakuasi pembersihan sarang lebah ini hingga benar-benar aman, Tambahnya.

Edisah Putra, SH selaku Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh mengungkapkan, “Terima kasih kepada pihak Kamtibmas Polsek Kuta Alam, unsur perangkat desa dan masyarakat setempat dalam dukungannya evakuasi pembersihan sarang lebah, dan dimintakan laporan yang cepat pada saat sarang lebah tersebut masih berukuran kecil agar dalam pelaksanaan pembersihan lebih aman tampa rintangan.”

with@yda