Kebakaran Lahan Di Tungkop

Banda Aceh, Minggu 25 Agustus 2019 – Sekiranya pukul 15.20 wib telah terjadi kebakaran lahan/rumpun bambu/rumpun rumbia di Jln. Tungkop mukim Tungkop Gampong Lampuuk Kec. Darussalam Kab. Aceh Besar. Pemilik lahan/rumpun bambu/rumpun rumbia atas nama :

1. Pak Muklis 45 tahun (PNS Unsyiah)dan

2. Pak Nurdin 50 tahun(swasta)

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi Pak Yunus 45 tahun(Guru SMP 1 Banda Aceh) merupakan penduduk yang bersebelahan dengan lahan/rumpun bambu/rumpun rumbia menyatakan bahwa ia mengetahui kebakaran tersebut ketika api sudah membesar namun diduga ada pembakaran sampah oleh penduduk sekitar sehingga menjalar ke lahan/rumpun bambu/rumpun rumbia tersebut. Saksi menjadi panik karena api membesar yang ditakutkan menjalar kerumahnya karena memang bersebelahan dengan lahan tersebut dan selanjutnya saksi menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima dikantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh pukul 15.20 wib Plt. Kepala DPKP Kota Banda Aceh Drs. Rizha, MM menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam Pos simpang mesra 1 unit, tiba pada pukul 15.25 wib. (Tiba di lokasi 5 menit setelah menerima pengaduan).

Sekiranya pukul 15.40 wib api dapat dipadamkan Selanjutnya petugas melakukan upaya pendinginan. Setelah keadaan aman maka armada kembali ke pos nya pukul 16.05 wib. Dalam proses pemadaman turut dibantu Polsek Darussalam di back up Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi kejadian.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran adanya pembakaran sampah.