Kebakaran Rumah Gampong Pineung

Banda Aceh, Sabtu 13 Julii 2019 – Sekiranya pukul 18.45 wib telah terjadi kebakaran rumah lantai II di Komplek Vila Citra Jln. Cik Dipineung Raya Lr.  Citra III Gampong Pineung Kec. Syiah Kuala Kota Banda Aceh.

  1. Rumah milk Ibu Isna umur 65 tahun pekerjaan pensiunan RSUD Zainal Abidin rumah dalam keadaan rusak berat dan,
  2. Rumah milk Kadri umur 38 tahun pekerjaan swasta rumah dalam keadaan rusak ringan.

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi Mahmudi umur 40 tahun pekerjaan swasta Selaku Kepala Dusun Tgk Muda Rayeuk menyatakan bahwa ia mengetahui adanya kebakaran dari Warga sekitar nya yang menelpon beliau dan langsung kelokasi. Saat saksi sampai di lokasi Rumah pertama atas nama ibu Isna beliau tidak dirumah namun yang ada hanya tiga cucunya.

Ziad umur 24 tahun mahasiswa, Faris 18 tahun pelajar dan Fasha 25 tahun mahasiswa.

Petugas pun menghimpun kesaksian dari ke tiga cucunya tersebut menyatakan bahwa Faris yang berada dirumah mau menyusun baju ke kopor dan kopor pakaian tersebut digudang namun saat Faris kegudang lantai II tersebut terlihat api diatas plafon ruangan gudang Itu.

Selanjutnya ia memanggil Ziad dan Fasha untuk membantu menyiramkan dengan air namun tidak berhasil dan mereka turun ke bawah untuk meminta bantuan Warga menghubungi pihak pemadam.

Kebakaran tersebut menjalar kerumah disampingnya atas nama Kadri umur 38 tahun namun dapat diselamatkan Hanya kerusakan Kecil.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima dikantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh via nomor darurat ☎0651 – 113  pukul 18.45 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh M. Nurdin, S. Sos menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam 2 unit tiba pada pukul 18.53 wib. (Tiba di lokasi 8 menit setelah menerima pengaduan). Disusul oleh 3 unit lagi sehingga total armada 5 unit armada dilokasi.

Pada saat pemadaman berlangsung ibu Isna pemilik rumah tersebut muncul dan berusaha masuk kedalam rumah dan diketahui oleh petugas terjebak dalam kobaran api dan Akhirnya ibu Isna berhasil diselamatkan.  Sekiranya pada pukul 19.50. wib api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan,  sehingga setelah kondisi aman terkendali armada kembali keposnya pukul 21.50 wib. Dalam proses pemadaman turut dibantu oleh PLN memutuskan jaringan listrik, Polsek Syiah Kuala di back up Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat serta anggota RAPI dalam pengamanan dilokasi kejadian.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran masih dalam proses penyidikan pihak kepolisian.

with@yda