Penanggulangan Kebakaran Aktifitas Dapur

Cara mengatasi kebakaran yang terjadi saat aktivitas di dapur.

Berikut tipsnya:

1. Tetap tenang

Kepanikan akan membuat Anda sulit bertindak saat mengatasi kebakaran. Maka, Anda harus tetap tenang apapun yang terjadi. Psikolog mengungkapkan bahwa salah satu cara untuk bisa tenang adalah dengan menarik nafas dalam-dalam, kemudian menghembuskannya.

Jika Anda berlari dari kompor yang terbakar, apinya justru akan semakin merambat. Apalagi jika ada benda-benda lain yang mudah terbakar di dekatnya.

2. Gunakan kain basah

Selalu sediakan kain yang dapat dijangkau saat berada di dapur untuk berjaga-jaga agar dapat mengatasi kebakaran jika sewaktu-waktu hal tersebut terjadi. Bisa menggunakan handuk, sprei, maupun kain yang agak tebal lainnya. Kemudian, basahi kain tersebut. Tumpukkan kain basah itu di atas kompor yang sudah berkobar apinya.

3. Lepas selang

Saat ada kebocoran gas, Anda bisa mencabut selang langsung dari kompor. Tak perlu takut pada api yang berkobar karena hal itu adalah reaksi normal saat gas bertemu dengan api. Anda bahkan bisa menggunakan jari untuk menutup lubang selang sesaat ketika dicabut. Jika takut jari akan terbakar, maka Anda dapat menggunakan kain basah tadi tepat di lubang selang yang awalnya terpasang pada kompor.

4. Copot regulator

Kadang ruang hampa di antara gas dan regulator memang bermasalah. Cara mengatasinya adalah dengan mencopot regulator begitu saja. Jangan takut gas akan meledak. Karena, dengan bahan tabung seperti itu, tabung gas tidak akan mudah meledak. Yang jadi masalah adalah saat api yang berkobar merambat ke saluran listrik yang mudah meledak maupun benda-benda di sekitarnya.