Wali Kota Banda Aceh Melihat Kesiapan Dinas Damkar Banda Aceh

Banda Aceh, 7 Mei 2019 – Selama Ramadhan potensi terjadinya kebakaran meningkat dibandingkan dengan bulan lain. Hal itu seiring dengan meningkatnya aktivitas memasak di rumah warga, terutama menjelang sahur dan berbuka puasa. Sehingga untuk mengurangi resiko bencana, khususnya kebakaran, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meninjau dan mengecek kesiapan armada pemadam kebakaran beserta petugasnya di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh di Jl Soekarno-Hatta, Geuceu Meunara Banda Aceh, Senin (6/5/2019).

Usai menanyakan kesiapan armada dan petugas kepada Kepala DPKP Kota M Nurdin, Wali Kota kemudian mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap kebakaran.Katanya, selama Ramadhan aktifitas memasak di rumah warga terjadi peningkatan, terutama menjelang sahur dan berbuka puasa.

“Kadang kebakaran terjadi akibat lupa mematikan kompor. Pastikan kompor telah dimatikan usai memasak dan saat meninggalkan rumah. Listrik juga salah satu penyebab kebakaran, matikan alat elektronik yang tidak perlu,” sebut Aminullah mengingatkan.

Kata Wali Kota, kalau terjadi kebakaran langkah pertama segera menghubungi petugas pemadam kebakaran di nomor 0651-113.

“Segera telepon petugas pemadam di nomor 0651-113. Petugas di lima titik lokasi yang tersebar di Banda Aceh siaga 24 jam,” kata Aminullah.

Sementara itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Nurdin menyatakan petugas selalu siaga 24 jam melayani warga kota.

Meski kasus kebakaran dari 2017 ke 2018 menurun, namun dirinya tetap meminta petugas siaga penuh dan siap melakukan evakuasi saat bencana kebakaran terjadi. Di Banda Aceh, pada 2017 terdapat 27 kasus kebakaran, kemudian 2018 turun menjadi 17 kasus.

with@yda