Tradisi Meugang Dinas Damkar Banda Aceh

Banda Aceh, Sabtu 4 Mei 2019 – Aceh punya tradisi unik yang tak ada di daerah lain khususnya di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh disetiap tahunnya tetap melaksanakan meugang menyambut bulan suci ramadhan dengan menyembelih sapi yang dagingnya untuk dibagikan kepada seluruh karyawan/i dinas Damkar Banda Aceh.

Bagi seluruh karyawan/i dinas Damkar Banda Aceh meugang tanpa harus membeli daging disetiap tahunnya ini memang telah dilakukan sejak lama dan itu memang tradisi yang telah melekat di dinas ini demikian M. Nurdin, S.Sos selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh,” mengatakan. Tambahnya, “inilah bentuk kepedulian dinas kepada seluruh karyawan/i dalam melaksanakan meugang mendapat daging sapi yang akan dibawa pulang untuk keluarga. Daging sapi menjadi menu utama sebagai lauk nasi yang disantap bersama keluarga pada saat meugang. Menu daging yang dimasak secara tradisional seperti sie reuboh (daging rebus) dan sie puteh (daging putih) sangat mudah dijumpai di rumah-rumah saat meugang.

Meugang bukan hanya diperingati menjelang Ramadhan. Sehari jelang Idul Fitri dan Idul Adha, tradisi ini tetap dilakoni warga Aceh, khususnya di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh disetiap tahunnya.

M. Nurdin. S.Sos mengatakan.”mudah-mudahan harapan kita semua tradisi yang telah melekat meugang menyambut bulan suci ramadhan dengan menyembelih sapi dapat tetap dilaksanakan didinas ini tetap dipertahankan sebagai wujud kepedulian dinas terhadap petugas pemadam kebakaran yang telah mencurahkan pikiran dan tenaga dalam pelaksanaan tugas sebagai insan kemanusiaan dalam penanggulangan kebakaran dengan motto, “Pantang Pulang sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya,” katanya.

with@yda