Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran BRI Kanwil Banda Aceh

BANDA ACEH – Kamis 2 Mei 2019 – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh melaksanakan simulasi dadakan penanggulangan bencana kebakaran dan evakuasi pada Kantor Wilayah Bank Rakyat Indonesia (Kanwil BRI), Jalan Cut Meutia, Gampong Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh, Kamis (2/5) sore. Latihan tersebut bertujuan menguji kesiapsiagaan karyawan BRI (Bank Rakyat Indonesia) bila sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran, langkah seperti apa yang harus dilakukan.

Demikian diungkapkan M. Nurdin, S.Sos selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh kepada Serambi, Kamis (2/5). Menurutnya simulasi dadakan penanggulangan bencana kebakaran dan evakuasi di Kompleks Kanwil BRI (Bank Rakyat Indonesia) tersebut dilaksanakan tanpa sepengetahuan karyawan dan karyawati dan waktu pelaksanaannya sengaja dipilih pada saat aktivitas mulai sepi dari nasabah. “Latihan ini sudah disusun dan diadakan tanpa sepengetahuan karyawan dan karyawati BRI (Bank Rakyat Indonesia). Hanya pimpinan dan beberapa staf yang terlibat dalam simulasi yang tahu kegiatan itu. Tujuannya, kita ingin melihat sejauh mana tingkat kesiapan dan kesiapsiagaan karyawan BRI (Bank Rakyat Indonesia) ketika menghadapi, bila sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran,” sebut M. Nurdin, S.Sos.

Koordinator pelaksana yang juga Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh, Ardi Asyadi, S.Sos menjelaskan simulasi itu juga bertujuan ingin melihat kesiapsiagaan dan kepedulian sesama, saat terjadi suatu bencana. “Simulasi itu, telah disusun sedemikian rupa dan diciptakan seperti sungguhan, yang dimulai dari kemunculan asap disambut api serta suara petasan yang diledakkan secara rentetan di ruangan, kita ingin lihat kepekaan seseorang itu seperti apa, baik kesiapsiagaannya menghadapi bencana serta segi kepeduliannya kepada sesama,” ujar Ardi Asyadi, S.Sos.

Para karyawan BRI (Bank Rakyat Indonesia) baru mengetahui bahwa semua rangkaian yang terjadi di kompleks bank itu hanya simulasi setelah diakhir evakuasi pembacaan “Teks Evakuasi sebatas Latihan.”
Disela-sela kegiatan yang dibuka langsung oleh pimpinan BRI Kanwil Banda Aceh didampingi Kepala Dinas Damkar Banda Aceh bersama-sama saling mengungkapkan apresiasi kedua belah instansi yang telah bekerjasama dan terikat MOU kesepahaman baik dalam pendampingan pelatihan dan simulasi maupun pendampingan sistem proteksi kebakaran pada bangunan gedung dengan menyerahkan cendera mata dimasing-masing instansi tersebut.
Selain simulasi, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh juga berbagi ilmu dengan para karyawan bank, bagaimana pemadaman api secara tradisional dan modern menggunakan tabung racun api yang dibimbing oleh instruktur Dinas Damkar Banda Aceh.


with@yda