Pemko Banda Aceh Gelar Maulid Raya

Banda Aceh, Rabu 06 Februari 2019 – Pemerintah Kota Banda Aceh beserta SKPD terkait menggelar Maulid Raya Nabi Muhammad SAW 1440 H bertempat di Lapangan Blang Padang Jln. Prof. A. Majid Ibrahim Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh (06/02). Maulid Raya Nabi Muhammad SAW 1440 H bertempat di Lapangan Blang Padang tersebut mengundang 2000 anak yatim dan seluruh lapisan masyarakat Aceh yang diprediksi hingga 20 ribu masyarakat.  Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh turut serta dalam Kegiatan ini dengan menyiapkan 12 Lapis hidangan yang dikonsumsikan bekisar 300 masyarakat.

M. Nurdin,  S. Sos selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh mengatakan bahwa,”peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momentum untuk meniru keteladanan Beliau khususnya kepemimpin dan kepribadiannya terutama memiliki perilaku akhlakul karimah. “Mudah-mudahan dengan kita memperingati Maulid Nabi menambah kepribadian kita untuk mencontoh khususnya bagi yang beragam islam bagaimana sifat-sifat keteladanan beliau baik itu sifat siddiq, amanah, fathonah, tabligh maupun sifat-sifat baik lainnya. Mudah-mudahan dengan peringatan hari ini kita bisa meniru dan memperaktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari baik di kantor maupun kehidupan nyata keluarga kita sehari-hari.”, katanya.

Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qurán, salawat Nabi Muhammad SAW dan tausyiah dari Ustaz Tgk. H. Yusri Puteh serta dihadiri oleh seluruh pejabat maupun pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh tanpa terkecuali.

Walikota Banda Aceh Bapak H. Aminullah Usman,  SE,  Ak. MM menjelaskan bahwa inti dari perayaan atau peringatan Rasulullah adalah kembali mengingat, meneladani, dan mempelajari sejarah hidup beliau yang tak lain adalah manusia yang diutus oleh ALLAH SWT ke muka bumi ini sebagai suri tauladan.

“Siapapun yang menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan maka sungguh cukup ia akan mendapatkan apapun yang diinginkan olehnya. Seorang pemimpin jikalau ia membutuhkan teladan maka Nabi Muhammad SAW adalah sebaik-baiknya teladan”, jelasnya.

Hal senada juga Tausyiah Ustaz Tgk Yusri Puteh mengungkapkan, bahwa peringatan Maulid Nabi SAW sebetulnya memberikan informasi penting jika pemimpin kita yang satu ini bukan manusia biasa. “ Beliau adalah manusia yang sangat istimewa. Salah satu keistimewaan beliau adalah hari lahirnya yang diperingati oleh jutaan manusia di seluruh dunia”. “Dengan adanya peringatan Maulid Nabi kali ini diharapkan dapat meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW dan meneladani jiwa kepemimpinan yang dimilikinya”, dan diingatkan masyarakat Islam ini harus bersatu padu jangan bercerai berai “ungkapnya.

Diacara Maulid Raya Nabi Muhammad SAW 1440 H ini diakhiri dengan makan kenduri bersama yang dihadiri hingga 20 ribu masyarakat memadati lapangan Blang Padang tersebut.

with@yda