Delegasi Damkar Inabe City Jepang Berkunjung di Damkar Banda Aceh

Banda Aceh, Sabtu 8 Desember 2018 – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh menerima kunjungan dari delegasi Dinas Pemadam Kebakaran Inabe City Jepang dan diterima langsung oleh M. Nurdin, S.Sos selaku Kepala Dinas Damkar Banda Aceh beserta jajarannya, diawal pertemuan tersebut dilaksanakan apel/upacara penyambutan dan saling berkenalan dan bersilaturahmi (8/12).

Rombongan delegasi Damkar Inabe City Jepang ini berjumlah 9 orang yaitu. Mr.Hioki Masatoshi, Mr.Otsuki Hiroyasu, Mr. Ozawa Takahiro, Mr. Deguchi Jun, Mr. Ishizaki Yasushi, Mr. Deguchi Yasuhiro, Mr. Hattori Hiromichi dan 2 (dua) orang pemandu.

Kunjungan yang telah direncanakan jauh hari sebelumnya yang terjadwalkan ini kedua negara yang sama-sama seprofesi sebagai pemadam kebakaran saling bertukar informasi tentang penanganan yang dilakukan dimasing-masing negara meliputi sarana dan prasarana, personil, jumlah kasus yang ditangani serta kendala hambatan dalam melaksanakan penanganan kebakaran diwilayah masing-masing.

Rombongan Delegasi Damkar Inabe City Jepang tersebut telah melakukan kunjungan dibeberapa daerah di Indonesia khususnya Banda Aceh sebagai prioritas utama sebagai jajakan untuk melihat sejauh mana peran aktif  Damkar Banda Aceh itu sendiri terhadap sarana dan prasarana serta yang paling penting adalah kesigapan personil Damkar Banda Aceh, hal ini diungkapkan oleh M. Nurdin, S.Sos selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh mengatakan bahwa, “Personil kita siap dan sigap melaksanakan upaya pemadaman yang terjadi sebagai buktinya Respons Time kita dalam ketentuan S.O.P pemadam 15 Menit sanggup ditempuh sampai dilokasi hanya dibawah 9 Menit dikarenakan kita memiliki 1 Posko Induk dan 4 Pos pembantu dengan masing-masing wilayah yang cepat terjangkau.” Ditambahkan pula dengan armada yang ada sudah sangat mendukung namun ada beberapa wilayah yang sangat dibutuhkan armada kecil dikarenakan jalan yang sempit sehingga petugas agak kesulitan memasuki dan hanya sebatas menggelar selang dari kejauhan.”

Pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh beserta jajaran sangat senang dan berterima kasih kepada rombongan delegasi Damkar Inabe City Jepang atas kunjungan ini, sehingga membuka wawasan dan informasi yang didapati dikedua belah pihak untuk kedepannya lebih baik dan maksimal dalam melaksanakan penanganan kebakaran di negaranya masing-masing.

with@yda