Sosialisasi, Simulasi Pencegahan & Penanggulangan Bahaya kebakaran

Banda Aceh, Minggu 7 Oktober 2018 – Masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam peran sertanya pada penanggulangan kebakaran. Peran masyarakat sangat penting disetiap kebakaran yang terjadi, semakin masyarakat mengerti dan mengetahui segala hal tentang kebakaran maka dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisirkan baik harta benda maupun korban jiwa.  Oleh sebab itu masyarakat harus terus menerus dibekali pengetahuan tentang bahaya kebakaran, cara penanggulangannya dan menghindari perilaku tidak baik dalam sehari-hari.

Melatar belakangi hal tersebut Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banda Aceh membekali dengan bersosialisasi dan praktek penanggulangan kebakaran di halaman samping Mesjid Darul Falah Gampong Pineung kecamatan Kota Banda Aceh (07/10).

M. Nurdin,  S. Sos selaku Kepala Dinas Damkar Kota Banda Aceh melalui Yudi. SH Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran dalam kata sambutannya mengatakan Tupoksi pemadam kebakaran selain melakukan pemadaman juga melakukan upaya pencegahan melalui sosialisasi dan simulasi kepada masyarakat khususnya di masyarakat gampong agar setiap warga masyarakat gampong mengerti dan dapat melaksanakan upaya penanggulangan dini/awal kebakaran.

Dalam kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Penanggulangan Bahaya Kebakaran ini dipandu dengan instruktur dari Dinas Damkar dari materi bimbingan tentang kebakaran, simulasi tabung LPG dan simulasi pemadaman secara tradisional dan modern menggunakan APAR.

Pihak aparatur Gampong berharap kegiatan ini dapat berlangsung setiap tahunnya karena kegiatan kali ini melibatkan perwakilan dari struktur gampong dan untuk kedepannya dapat menyentuh segenap lapisan masyarakat gampong.

with@yda