Ilalang Terbakar di Punge Blang Cut

BANDA ACEH, Minggu 26 Agustus 2018 – Musim kemarau yang berdampak pada cuaca ekstrem yang masih terjadi di Aceh, mengakibatkan batang ilalang yang tumbuh di semak-semak belukar pinggir Jalan Sultan Iskandar Muda, Lorong Tgk Dipakeh, Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Jaya Baru, Banda Aceh terbakar, Minggu (26/8) siang. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Banda Aceh mengerahkan satu unit armada untuk proses penjinakkan api yang menimbulkan kepanikan warga setempat.

Informasi yang diperoleh Serambi, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 13.14 WIB. Petugas pemadam yang mendapat kabar tersebut langsung bergerak ke lokasi untuk melakukan proses pemadaman.
Kepala DPKP Kota Banda Aceh M Nurdin, S.Sos menjelaskan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 13.50 WIB dan sebelum kembali ke pos induk di Jalan Soekarno-Hatta, Geuceu Meunara, Banda Aceh, petugas memastikan kembali apa masih ada api di sekitar lokasi.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Kami imbau seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap musibah kebakaran. Karena, musim kemarau yang masih terjadi di Aceh saat ini sangat rentan terjadi musibah kebakaran,” ujar M Nurdin, S.Sos didampingi Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran, Yudi SH, Kepala DPKP Banda Aceh ini menduga kebakaran semak belukar yang dipenuhi ilalang itu disebabkan oleh pembakaran sampah yang luput dipadamkan secara sempurna. “Kebakaran ilalang ini sudah terjadi yang kesekian kalinya. Cuaca ekstrem yang masih melanda Aceh saat ini cukup rentan terjadi kebakaran. Kami imbau seluruh warga Kota Banda Aceh khususnya bila tahu ada musibah kebakaran segera hubungi nomor darurat 0651-44123 atau 08126969820 dan nomor itu diperuntukkan untuk kondisi emergency saat terjadi kebakaran,” pungkas M Nurdin, S.Sos.

(mir)