Satu Unit Rumah Selter Gampong Meunasah Krueng Aceh Besar Ludes Terbakar

Banda Aceh,  Kamis 28 Juni 2018 – Sekiranya pukul 09.48 wib telah terjadi kebakaran 1 unit rumah selter berkonstruksi kayu/papan beralamatkan di Jalan Banda Aceh- Lambaro Lorong Mesjid Dusun Mulia Gampong Meunasah Krueng Pagar Air Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Rumah selter tersebut atas nama Nyak Umar umur 48 tahun pekerjaan swasta.

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi Nyak Umar umur 48 tahun pekerjaan swasta (pemilik rumah) merupakan sebagai kepala lorong Mesjid, yang baru saja keluar dari rumahnya dan hendak ngopi disamping rumah kebetulan disamping rumah adalah warung kopi namun anak saksi (muhammad aidil umur 11 tahun) berteriak memanggil ayahnya yang sedang ngopi diwarung tersebut mengatakan bahwa kamar didalam rumah ada api dan asap. Saksi berusaha masuk kerumah dan menuju kekamar yang dimaksud dan berusaha umtuk memadamkan api namun  tidak berhasil dan memohon bantuan tetangga sekitar umtuk menelpon ke Dinas Pemadam Kebakaran guna bantuan pemadaman.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima di kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh via nomor darurat 0651 – 44123/0812 6969 820 pukul 09.48 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh M. Nurdin, S. Sos menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan armada pemadam 2 unit kelokasi yang dimaksud.

Saat armada mendekati lokasi kebakaran petugas pemadam menghubungi  pihak PLN untuk bantuan pemadaman listrik sehingga petugas dan armada sampai dilokasi pukul 09.52 wib langsung  melakukan pemadaman api dibantu oleh 3 unit armada pemadam Kabupaten Aceh Besar.
Saat pemadaman api berlangsung turut didukung oleh PLN (memutuskan arus listrik disekitar lokasi), Petugas Kepolisian Polsek Ingin Jaya di Back Up Personil Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi serta anggota RAPI melakukan bantuan komunikasi dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran. Sekiranya pukul 10.10 wib api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan pendinginan. Setelah keadaan dilokasi telah aman Armada kembali ke pos nya masing-masing pukul 10.30 wib.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran masih dalam proses penyidikan pihak kepolisian.

with@yudidamkaraceh