Korseleting Meteran Listrik Nyaris Membakar Rumah Warga

Banda Aceh,  Selasa 15 Mei 2018 – Sekiranya pukul 14.50 wib nyaris telah terjadi kebakaran 1 unit rumah berkonstruksi kayu/papan beralamatkan di Jalan  T. Umar Lorong Mahya Gampong Stui Kecamatan Baiturahman Kota Banda Aceh. Rumah warga tersebut yang nyaris terbakar pemiliknya atas nama Usmansyah umur 49 tahun pekerjaan swasta

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi Aswad umur 68 tahun merupakan tetangga yang melihat meteran listrik rumah tersebut mengeluarkqn api dan asap. Selanjutnya pak aswan berinisiatif untuk mendobrak pintu rumah berusaha memadamkan api yang menjalar kedalam kerumah itu dikarenakan pemilik rumah tersebut tidak berada dirumah, namun pemilik rumah mengetahui rumah tersebut terbakar karena dihubungi oleh tetangga sekitar.

Masyarakat yang melihat kejadian ini berupaya membantu memadamkan api dengan alat seadanya sementara warga lainnya menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima di kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh via nomor darurat 0651 – 44123 pukul 14.50 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh M. Nurdin, S. Sos menugaskan petugas piket jaga langsung bergerak dan mengerahkan armada pemadam 1 unit kelokasi yang dimaksud.

Saat armada mendekati lokasi kebakaran petugas pemadam menghubungi  pihak PLN untuk bantuan pemadaman listrik sehingga petugas dan armada sampai dilokasi pukul 14.58 wib api telah padam, namun petugas tetap mengecek sampai dilokasi hingga benar-benar aman.
Saat pemadaman api berlangsung turut didukung oleh PLN (memutuskan arus listrik disekitar lokasi), Petugas Kepolisian Polsek Baiturahman di Back Up Personil Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi serta anggota RAPI melakukan bantuan komunikasi dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran. Setelah keadaan dilokasi telah aman Armada kembali ke pos pukul 15.20 wib.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran berawal dari korseleting meteran listrik.

with@yudidamkaraceh