Nyaris Kebakaran Rumah Penduduk Di Punie Kabupaten Aceh Besar

Banda Aceh,  Senin 26 Maret 2018 – Sekiranya pukul 13.20 wib nyaris kebakaran 1 unit rumah berkonstruksi permanen beralamatkan di Jalan Keutapang – Punie Lorong Mawar Indah Dusun Krueng Ano Gampong punie Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar, atas nama Bukhari umur 56 pekerjaan anggota kepolisian.

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi Sohlihin umur 42 tahun yang sedang bekerja ngelas kanopi diteras dirumah yang bersangkutan menyatakan bahwa ia sedang bekerja ngelas kanopi didepan rumah dan tampa disadarinya percikan bunga api tersebut mengenai BBM Pertalite yang berada dibawah pohon dekat lanopi yang sedang di las.  Api menyambar cepat membakar pohon disudut rumah sehingga saksi berupaya memadamkan dengan pasir dan air kran rumah tersebut, Sedangkan pemilik rumah tersebut sedang dinas dan yang tinggal dirumah istri pemilik rumah. Selanjutnya saksi memberitahukan kejadian ini kepada tetangga sekitar dan warga  berupaya membantu memadamkan api dengan alat seadanya sementara warga lainnya menghubungi pihak pemadam kebakaran.

Berdasarkan informasi kejadian kebakaran diterima di kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh via nomor Emergency 0651 – 44123 pukul 13.20 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh M. Nurdin, S. Sos menugaskan petugas piket jaga langsung bergerak dan mengerahkan armada pemadam 2 unit dibantu 1 unit armada pemadam Kab.  Aceh Besar kelokasi yang dimaksud.

Saat armada mendekati lokasi kebakaran petugas pemadam juga menghubungi  pihak PLN untuk bantuan pemadaman listrik sehingga petugas dan armada sampai dilokasi pukul 13.25 wib langsung  melakukan pemadaman api.

Saat pemadaman api berlangsung turut didukung oleh PLN (memutuskan arus listrik disekitar lokasi), Petugas Kepolisian Polsek Darul Imarah di Back Up Personil Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi serta anggota RAPI melakukan bantuan komunikasi dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran. Sekiranya pukul 13.30 wib, api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan pengecekan lokasi sehingga benar-benar aman. Setelah keadaan dilokasi telah aman Armada kembali ke pos nya masing-masing puku 13.40 wib.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran dari percikan bunga api las menyambar BBM Pertalite.

With @yudidamkaraceh