Tujuh Unit Rumah Di Gampong Lamsabang Kecamatan Kuta Baro Terbakar

Banda Aceh,  Jum’at 16 Maret 2018 – Sekiranya pukul 06.50 wib telah terjadi kebakaran 7 (tujuh) unit rumah berkonstruksi permanen/kayu/papan beralamatkan di Desa  Lamsabang Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar.  Dalam kejadian ini  telah menghanguskan 7 (tujuh) unit rumah dengan 4 KK atas nama:

  1. Nurhayati rumah berkonstruksi permanen.
  2. Nyak malim rumah berkonstruksi papan/kayu.
  3. Mardiana rumah berkonstruksi papan/kayu.
  4. Inaimah rumah berkonstruksi papan/kayu.
  5. Lukman rumah berkonstruksi  Permanen.
  6. Jamilah rumah berkonstruksi papan/kayu.
  7. Attah/Baktiar berrumah konstruksi papan/kayu.

Informasi yang dihimpun oleh petugas dari saksi anak nurhayati bernama Muhibbuddin umur 35 tahun menyatakan api bermula dari percikan api dari cok listrik pada kabel TV dan menjalar pada TV dan terbakar, kemudian yang bersangkutan berupaya memadamkan api dengan air namun tidak terkendali terbakar lah ruangan tamu tersebut sehingga saksi meminta bantuan tetangga sekitar.  Warga berupaya membantu memadamkan api dengan alat seadanya sementara warga lainnya menghubungi pihak pemadam kebakaran.  Api cepat menjalar kerumah yang disekitar karena lokasi perumahan berdekatan.

Berdasarkan informasi kejadian kebakaran diterima dari Pos Simpang Mesra dari masyarakat ke pos tersebut langsung  ditindak lanjuti ke kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kota Banda Aceh via nomor Emergency 0651 – 44123 pukul 06.50 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh M. Nurdin, S. Sos  dan petugas piket jaga langsung bergerak dan mengerahkan armada pemadam 2 unit (05 dan 07) Pos Simpang Mesra didukung 4 unit Armada pemadam Kabupaten  Aceh Besar kelokasi yang dimaksud.

Saat armada mendekati lokasi kebakaran petugas pemadam juga menghubungi  pihak PLN untuk bantuan pemadaman listrik sehingga petugas dan armada sampai dilokasi pukul 06.58 wib langsung melakukan pemadaman api.

Saat pemadaman api berlangsung turut didukung oleh PLN (memutuskan arus listrik disekitar lokasi), Petugas Kepolisian Polsek Kuta Baro di Back Up Personil Polresta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi serta anggota RAPI melakukan bantuan komunikasi dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran.

Sekiranya pukul 07.30 wib, api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan pendinginan.
Setelah keadaan dilokasi telah aman Armada kembali ke pos nya masing-masing pukul 08 40 wib.
Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran berawal dari korsleting cok listrik TV.

With @yudidamkaraceh