Kandang Sapi Dan Lahan Batang Bambu Terbakar

Banda Aceh, Selasa 13 Februari 2018 – Sekiranya pukul 12.20 wib telah terjadi kebakaran 1 unit kadang sapi dan menjalar pada lahan batang bambu yang belum diketahui identitas kepemilikannya yang beralamatkan di Jalan Geuchik Hamzah Desa/Gampong Blang Krueng perbatasan Rukoh Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar.

Informasi yang dapat dihimpun oleh petugas dari masyarakat sekitar menyatakan salah seorang warga yang melintas dilokasi itu melihat adanya api dan asap dari kandang sapi, berkemungkinan pembakaran sampah atau pengasapan kandang sapi untuk mengusir nyamuk  dan lupa dimatikan oleh pemiliknya, sedangkan pemilik dan hewan ternaknya pun tidak ada dilokasi. Setelah diamati warga makin lama semakin membesar asap dan api tersebut, selanjutnya warga  berupaya membantu memadamkan api dengan alat seadanya namun api yang membesar itu pun telah menjalar ke batang bambu sekitarnya. Warga agak kesulitan untuk melakukan pemadaman mengingat batang bambu tersebut sangat rindang/rimbun. Oleh karena itu warga lainnya menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk bantuan pemadaman.

Berdasarkan informasi kejadian kebakaran diterima di kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamaran (DPKP)  Kota Banda Aceh via nomor Emergency 0651 – 44123 pukul 12.20 wib Plt. Kepala DPKP Kota Banda Aceh Rizal Abdillah, S. Sos. M, Si dan petugas piket jaga langsung bergerak dan mengerahkan armada pemadam Pos Wilayah Simpang Mesra 1 unit ke lokasi,  namun karena jalan menuju kelokasi sempit maka dihubungi armada pemadam Kabupaten Aceh Besar Pos wilayah Khaju 1 unit.

Sekiranya pukul 13.00 wib, api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan pendinginan. Setelah keadaan dilokasi telah aman maka Armada kembali ke pos nya masing-masing pukul 13.15 wib.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran diduga adanya pembakaran sampah/pengasapan pada kandang sapi.

With @yudidamkaraceh