Kebakaran Kulkas Nyaris Membakar Salah Satu Ruko Di Tungkop Kab. Aceh Besar

Banda Aceh, Rabu 24 Januari 2018 – Sekiranya pukul 04.20 wib telah terjadi kebakaran Ruko (rumah toko) 1 unit berkonstruksi permanen (bagian dapur) atas nama Muchklis pekerjaan PNS umur lebih kurang 48 tahun beralamatkan di Jalan. Tgk.  Gle Inem Desa Tungkop Kecamatan. Darussalam Kabupaten Aceh Besar.

Pada hari dan tanggal tersebut diatas informasi yang dapat dihimpun oleh petugas dari saksi Muchklis pekerjaan PNS yang merupakan pemilik Ruko (rumah toko) mengatakan disaat beliau terjaga dari tidur nya dan hendak menuju kamar mandi dan menghidupkan lampu diruangan, tercium oleh beliau aroma tidak sedap dan menyesakkan dada dan ternyata terlihat kulkas (pendingin) di sudut ruangan dapur mengeluarkan asap dan cahaya api yang terbakar.  Selanjutnya saksi menjadi panik dan membangunkan anak-anaknya dan juga tetangga sekitar ruko untuk membantunya memadamkan api yang berkobar tersebut.  Warga  sekitar Ruko (rumah toko) berupaya membantu memadamkan api dengan alat seadanya.  Kemudian saksi menghubungi kerabat terdekat yang sekiranya mengetahui nomor pemadam kebakaran untuk bantuan pemadaman api.

Berdasarkan informasi kejadian kebakaran ini diterima di kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamaran (DPKP)  kota Banda Aceh via nomor Emergency 0651 – 44123 pukul 04.30 wib Kepala DPKP Kota Banda Aceh Drs Ridwan dan petugas piket jaga langsung bergerak dan mengerahkan armada pemadam 1 unit Pos Wilayah Simpang Mesra kelokasi yang dimaksud dan juga menghubungi pemadam kebakaran Kabupaten Aceh Besar.

Saat armada mendekati lokasi kebakaran petugas pemadam segera menghubungi pihal PLN untuk bantuan pemadaman listrik sehingga petugas dan armada sampai dilokasi pukul 04.36 wib langsung  melakukan pemadaman api. Pada saat pemadaman berlangsung turut didukung oleh PLN (memutuskan arus listrik disekitar lokasi), Petugas Kepolisian Polsek Darussalam di Back Up Personil Polreta Banda Aceh dan Koramil setempat dalam pengamanan dilokasi serta anggota RAPI melakukan bantuan komunikasi dan pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi kebakaran.

Sekiranya pukul 04.50 wib, api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan pendinginan.  Setelah keadaan dilokasi telah aman maka Armada baru bisa kembali ke pos pukul. 05.05 wib. Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik pada kulkas (alat pendingin).
With @yudidamkaraceh