Kebakaran Rumah di Kecamatan Baiturrahman

Banda Aceh, Sabtu Tanggal 18 November 2017 – Sekiranya jam 17.30 wib bertempat di Jalan Alue Blang lorong Alamanda Gampong Neusu Aceh Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh telah terjadi kebakaran 1 (satu) Unit rumah Permanen II tingkat atas nama pemilik rumah Ikhsan umur 60 tahun, pensiunan PNS asal Gampong Lamlagang Kecamatan Banda Raya Kota banda Aceh yang disewakan kepada Harnani umur 36 tahun, pekerjaan IRT, Jalan Alue Blang lorong Alamanda Gampong Neusu Aceh Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh.

Informasi yang dapat dihimpun dari saksi bernama Harnani menyatakan bahwa, penghuni rumah sebanyak 11 (sebelas) orang setelah mempersiapkan barang dagangan (Nasi Goreng) menuju ke lokasi tempat jualan sekira pada jam 16.00 wib. Sedangkan yang tinggal di dalam rumah hanya Diyah umur 26 tahun, Dibah umur 26 tahun dan Harnanik.
Kemudian pada saat sedang membersihkan rumah, saksi Harnani melihat adanya asap dari ruang kamar tidur di lantai II, ternyata api telah membakar kasur dikamar tersebut.

Saksi Harnani bersama rekannya melakukan penyiraman dengan menggunakan air sehingga mengenai Stoker Listrik, namun setelah disiram, ternyata api semakin membesar sehingga api mengenai dinding dan di lantai II terdapat 2 (dua) kamar yang disekat menggunakan Triplek, sehingga menghanguskan seisi ruangan kamar tidur dilantai II.

Warga masyarakat yang mengetahui kejadian ini melakukan bantuan memadamkan api dengan alat seadanya dan juga membantu mengeluarkan barang-barang perabotan rumah ke halaman serta warga masyarakat lainnya menghubungi kantor DPKP Kota Banda Aceh melalui nomor Emergency 0651 44123 langsung mengerahkan armada pemadam 3 (tiga) unit dari Posko DPKP Kota Banda Aceh, 1 (satu) unit armada Posko Pelangi Gampong Mulia  dan dibantu oleh 1 (satu) unit armada P2KK Aceh atas perintah Kadis DPKP Kota Banda Aceh Drs. Ridwan.

Pada saat pemadaman berlangsung turut dibantu oleh Petugas Kepolisian dari Polsek Baiturrahman yang di Back Up oleh  Personil Polresta Banda Aceh dan Koramil serta anggota RAPI Kota Banda Aceh dan RAPI Aceh Besar membantu melakukan pengaturan lalu lintas di sekitar area lokasi kebakaran guna memudahkan armada keluar masuk di area lokasi. Sekiranya pada jam 17.55 wib, api dapat dipadamkan selanjutnya dilakukan pendinginan, dan armada pemadam beranjak pulang ke pos nya masing-masing pada jam 18.15 wib.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran diduga berawal dari korseleting pada stoker listrik.

With @yudidamkaraceh