Toko Emas di Jalan T. Chik Pante Kulu Nyaris Terbakar

Banda Aceh, Jum’at 13 Oktober  2017  Sekiranya pukul 17.30 wib Api nyaris membakar  toko emas berawal dari tabung patri emas yang terjatuh dan terlepas mengeluarkan api. Toko emas tersebut atas nama Toko Emas Husen H. Hasyim yang beralamatkan di Jalan. T. Chik Pante Kulu No. 88 Gampong Baro kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh.

Informasi yang berhasil dihimpun dari pekerja saksi Nazaruddin umur 32 tahun asal Gampong Lamseupeng Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh mengatakan bahwa ia sedang bekerja melakukan patri emas, tiba-tiba tabung patri emas terjatuh dan api keluar dari selang tabung tersebut dan menyambar benda-benda yang ada disekitarnya sehingga api bertambah besar. Selanjutnya yang bersangkutan melakukan pemadaman menggunakan air dan pekerja lainnya Husen asal Gampong Lamseupeng Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh melakukan pemadaman dengan mempergunakan alat pemadam api (tabung racun api).

Kejadian tersebut diketahui juga oleh tetangga toko yang bersebelahan lainnya dan menghubungi pihak Pemadam Kebakaran karena dikhawatirkan api tidak terkendali.

Berdasarkan informasi kejadian kebakaran ini diterima di kantor DPKP Kota Banda Aceh melalui nomor Emergency 0651 44123, langsung mengerahkan  1 unit armada pemadam dari Pos wilayah Peulangi disusul oleh 2 unit armada pemadam dari posko induk, jadi total keseluruhan armada pemadam 3 unit dilokasi kejadian, dan ketika armada pemadam sampai dilokasi kejadian ternyata api telah padam karena sebelumnya telah diupayakan pemadaman dengan mengunakan alat pemadam api (tabung racun api) yang ada ditoko tersebut.

Pada saat dilokasi kejadian turut didukung oleh Petugas Kepolisian Polsek Baiturrahman di Back Up Personil Poltabes Banda Aceh dan Koramil  setempat dalam pengamanan dilokasi serta anggota RAPI melakukan bantuan komunikasi dan  pengaturan lalu lintas di sekitar area lokasi kebakaran dan sekiranya Jam 17.50 wib keadaan dinyatakan telah aman/ steril dan armada pemadam kembali ke pos masing-masing.

Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan penyebab kebakaran berawal dari tabung patri emas yang terjatuh dan terlepas mengeluarkan api.

With @yudidamkaraceh